Afirmasi yang Berhasil

by @rezawismail

Satu kata yang lebih baik daripada ribuan kata-kata hampa; adalah yang membawa ketentraman. – Buddha

Ada beberapa motivator yang mengajarkan tehnik afirmasi untuk meraih kesuksesan. Afirmasi adalah suatu pernyataan sugestif yang diulang-ulang. Harapannya, afirmasi dapat memprogram pikiran bahkan mendatangkan keajaiban dalam kehidupan.

Namun, apakah afirmasi bisa benar-benar merubah kehidupan seseorang?

Jawaban singkatnya, afirmasi bisa berguna jika diaplikasikan secara tepat. Tapi kalau afirmasi hanya sekedar diulang-ulang saja sepanjang hari, tidak akan terlalu berpengaruh kepada kesuksesan.

Afirmasi, seperti juga doa dan hipnotis, bisa bekerja ketika pikiran sedang tenang dan terfokus. Bahasa spiritualnya; khusyu’ sedangkan bahasa ilmiahnya: otak sedang dalam keadaan alpha-theta.

Afirmasi menyetel pikiran seseorang lewat pemrograman alam bawah sadarnya. Konsentrasi, fokus, dan semangat akan meningkat seiring dengan meningkatkan tingkat keberhasilan afirmasi dalam mempengaruhi alam bawah sadar.

Untuk afirmasi berhasil dalam mempengaruhi alam bawah sadar, seorang harus menurunkan gelombang kesadaran otaknya.

Beberapa cara untuk menurunkan gelombang kesadaran otak adalah: hipnotis, meditasi, relaksasi dan konsentrasi pada satu kata atau mantra, memanfaatkan teknologi seperti audio dengan nada binaural beat, memakai zat psikotropika, dan seterusnya.

Dan waktu yang paling tepat dalam mengucapkan afirmasi adalah ketika kita dalam keadaan mengantuk seperti ketika sesaat di malam hari sebelum tertidur dan di pagi hari sejenak waktu bangun tidur.

Afirmasi yang berhasil akan menguatkan kepercayaan diri untuk meraih tujuan serta mampu membersihkan penghalang mental dan pikiran negatif yang terpikirkan berulang-ulang sepanjang hari.

Berikut, saya bagikan beberapa tips dalam menyusun afirmasi yang kemungkinan berhasilnya tinggi:

1. Pernyataannya harus terdengar positif dan jangan menggunakan kata-kata negasi seperti: tidak, jangan, atau bukan. Juga jangan memakai kata kerja yang bersifat yang negatif atau tidak produktif.

2. Afirmasinya bersifat pribadi, tidak bermaksud mengubah orang lain kecuali diri sendiri. Pernyataannya bisa dimulai dengan kata: aku, saya, atau gue. Simpan afirmasi untuk diri sendiri dan rahasiakan dari orang lain.

3. Afirmasi tersebut haruslah spesifik namun tetap ringkas. Jangan terlalu umum atau bertele-tele. Serta jangan membuat perbandingan karena ingin mengalahkan orang lain. Gunakan struktur kalimat yang aktif dan jangan pasif.

4. Kata-kata yang diafirmasikan haruslah penuh kandungan emosi dan antusiasme. Kalau perlu, tambahkan dengan visualisasi seakan-akan tujuan yang ingin diraih sudah tercapai. Otak berpikir dengan melihat gambar atau pola-pola tertentu.

5. Buat pernyataan dalam afirmasi seakan-akan sudah terjadi atau sedang terjadi, jangan susun kalimat yang mengandung kata-kata: akan, ingin, mau, nanti, dan seterusnya.

Kalau malah membawa keraguan atau kurang meyakinkan di batin, tambahkan kata-kata: sedang dalam proses, saya memilih…, aku memutuskan… Atau pakai afirmasi dengan kalimat tanya menggunakan awalan: bagaimana saya bisa menjadi…

6. Tambahkan kalimat berikut di akhir pernyataan afirmasi: … Ini atau sesuatu yang lebih baik, atau seperti ini: … Saya mendapatkannya dengan cara-cara yang baik serta harmonis untuk diri saya dan orang lain.

Lalu ikhlas saja terima takdirmu apapun yang terjadi. Perasaan ikhlas dan pasrah ini sangat penting untuk efektivitas afirmasi. Latihlah diri untuk untuk bisa ikhlas/pasrah, afirmasikan kalau perlu.

7. Selain mengucapkan afirmasi secara berulang-ulang di dalam hati ketika sedang rileks, bisa juga diteriakkan dengan lantang. Cobalah di alam bebas seperti di pegunungan.

Tambahkan juga dengan menuliskan afirmasi di selembar kertas kosong secara berulang-ulang hingga kertas tersebut penuh dengan tulisan afirmasi. Lalu tulis afirmasi di sebuah kartu yang bisa dibawa kemana-mana.

Rekam dan dengarkan afirmasi dengan menggunakan earphone/headphone dimana ada kesempatan. Setel sepanjang hari.

Saya sendiri percaya dengan tehnik afirmasi ini karena pernah menggunakannya dan terbukti berhasil. Silahkan dicoba, tidak ada ruginya malah bisa membawa kesuksesan!

Baca juga:
Visualisasi Negatif
Tips Relaksasi untuk Optimalisasi Otak
Internalisasi Kesuksesan
Tehnik Menghentikan Pikiran Negatif

About these ads