5 Taktik Motivasi Diri dalam Bekerja

by @rezawismail

Dalam tulisan kali ini saya akan membagikan lima taktik sederhana untuk memotivasi diri agar lebih bersemangat dalam bekerja. Terkadang kita merasa malas dan kurang bersemangat dalam melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita di dalam perusahaan. Berikut taktiknya:

  1. Sibukkan diri; kerjakan sesuatu yang mudah sekarang juga, sibukkan diri jangan biarkan diri menganggur tidak mengerjakan apa-apa. Jika sibuk, pikiran kita tidak akan terlalu berpikir banyak dan menghabiskan energi sehingga energi tersebut bisa digunakan untuk bekerja. Jangan terlalu memikirkan target dahulu, fokuskan diri untuk bekerja semaksimal yang kita mampu. Namun kita harus tetap ingat agar kesibukan kita tidak menjadi sesuatu yang tidak produktif seperti yang saya pernah tuliskan disini.
  2. Kuatkan efek Zeigarnik seperti yang pernah saya tulis disini. Lakukan satu langkah sederhana meski itu hanya lima manit saja. Dengan berinisiatif kita akan memiliki momentum untuk terus melanjutkan pekerjaan kita. Jika kita diam saja dan terlalu lama berpikir, kemalasan akan semakin menjadi-jadi dan sulit untuk dilawan.
  3. Dorong motivasi diri kita dengan alasan yang baik atau positif yang mendorong kita untuk terus bekerja. Bisa berupa reward yang mau kita terima atau kemajuan karir yang diinginkan. Selalu semangati diri akan apa yang mendorong kita untuk bekerja, bisa berupa pencapaian prestasi, bonus serta pengakuan dari atasan, gaji bulanan, mobil impian dan seterusnya.
  4. Motivasi dengan mengingat hal-hal negatif yang ingin dihindari. Motivasi jenis ini yang biasanya dimiliki oleh para karyawan, motivasi menghindar. Kebalikan dari taktik ketiga yang merupakan motivasi pengejar, motivasi jenis ini lebih kuat jika kita diingatkan akan hal-hal yang buruk seperti punishment, kemarahan atasan, ketakutan akan kemiskinan dan ketidakmampuan diri untuk menafkahi keluarga, dan seterusnya.
  5. Melawan pengaruh-pengaruh yang tak disadari dengan afirmasi. Saya sudah pernah menuliskan cara menggunakan tehnik afirmasi dengan baik disini. Bisa jadi, tugas yang harus dikerjakan terasa seperti keterpaksaan sehingga alam bawah sadar kita menentang dan melawan. Hal ini akan membuat diri kita menunda-nunda pekerjaan secara tidak sadar. Salah satu solusinya adalah memasuki alam bawah sadar dan memberikan sugesti untuk bekerja. Pengaruh yang tidak disadari secara langsung ini juga bisa berupa pengaruh dari lingkungan kerja. Contoh pengaruh dari lingkungan ini seperti pekerjaan yang membosankan (sudah pernah saya tuliskan disini), atau atasan yang mendemotivasi, bisa juga rekan kerja yang suka berpikir, berbicara, dan bertindak negatif seperti menghina, mengeluh atau memprovokasi secara merugikan sehingga merusak mood serta semangat kita dalam bekerja.

Sekian dahulu tips sederhana yang bisa saya bagikan kali ini. Selanjutnya akan saya sambung lagi beberapa taktik meningkatkan motivasi dalam bekerja yang telah teruji dan terbukti. Salam Semangat!!!

About these ads