2 Kata Kunci Kesuksesan Kepemimpinan

by @rezawismail

Lebih baik berani mengambil keputusan dengan resiko salah (yang masih sempat diperbaiki) daripada meragu berlama-lama dan tahu yang benar tapi sudah terlambat. -Marylin Moats Kennedy

Salah satu kualitas yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin yang kompeten adalah ketegasan dalam mengambil keputusan. Bahasa kerennya: decisiveness.

Keberhasilan seorang pemimpin ditentukan dari ketegasannya dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan ketika sedang menghadapi ketidakpastian.

Dan dua kata kunci yang penting bagi pengambilan keputusan secara tegas adalah YA dan TIDAK.

Seorang pemimpin harus bisa mengambil keputusan secara pasti dan tidak ragu-ragu dalam menjalankannya. Konsisten serta bertanggung jawab dalam setiap pilihannya.

Seringkali banyak keputusan yang diambil mengundang kontroversi, itu tetap dibenarkan asalkan tidak bertentangan di dalam diri sang pemimpin itu sendiri. Keputusannya harus bulat: YA atau TIDAK, tak bisa meragu dan mengambang.

Tegas sepenuh hati siap melaksanakan keputusannya dan bertanggung jawab atas pilihannya tersebut. Mendukung implementasi dari kebijakan yang diambil semaksimal yang dia bisa. Jangan sampai jadi pemimpin yang lemah dan gagal karena tidak bisa tegas.

Misalnya; seorang direktur memutuskan YA dalam penghematan anggaran atau memberhentikan beberapa orang, namun kemudian pikirannya menjadi galau dan hati kecilnya berkata TIDAK karena tetap bersifat boros atau kasihan dengan para pekerja yang dipecat itu.

Contoh lainnya: seorang manajer yang ingin karyawannya termotivasi memutuskan aturan yang ketat dan sanksi disiplin yang keras tapi dirinya sendiri bekerja dengan semangat yang kendor.

Atau seorang atasan yang mengatakan TIDAK, menolak ide-ide dari bawahannya tapi tetap memikirkan usulan tersebut bahkan mencuri ide tersebut dan memodifikasi untuk menutup-nutupi kecurangannya.

Keputusan yang terbaik adalah yang dipilih secara tegas dengan konsistensi yang tanpa keraguan. Pilih YA atau TIDAK tanpa kebimbangan. Keputusan yang cepat diambil lebih unggul dan siap bertanggung jawab. Keputusan yang diambil dengan segera akan dapat dievaluasi dan diperbaiki seiring waktu.

Kemajuan dan pelajaran berharga akan diperoleh jika pemimpin dapat dengan tegas memutuskan. Kesuksesan di masa depan diraih dengan kesigapan dalam mengambil kesempatan yang ada. Keberhasilan kita didapat dari kecepatan menangkap peluang yang datang. Kesemuanya membutuhkan keberanian seorang pemimpin untuk tegas memutuskan.

Tidak mungkin semua fakta bisa diperoleh untuk menilai setiap pilihan secara sempurna, keberanian seorang pemimpinlah yang akan membawa kesuksesan di masa depan. Berani untuk tegas dalam mengambil keputusan. YA atau TIDAK.

Oleh karena, pencapaian kesuksesan didapat dari visi dan disiplin dari eksekusi pilihan-pilihan diambil dengan ketegasan. Masa depan kita ditentukan oleh keputusan-keputusan yang dikerjakan dengan komitmen penuh. Beranikah Anda memimpin?

Baca juga:
Kepemimpinan yang Memotivasi
Kepemimpinan yang Menginspirasi
5 Kompetensi Inti Seorang Pemimpin
Kepemimpinan yang Kreatif seperti Steve Jobs

About these ads