5 Tips Motivasi Disiplin Diri

by @rezawismail

Langsung saja;

1) Sederhana saja, tak pelu dramatis namun awet. Menciptakan perubahan besar dimulai dari yang kecil atau yang paling mudah dahulu, tapi bisa dikerjakan dengan segera dan dilakukan secara konsisten. Buat kemajuan dengan satu langkah demi selangkah. Lakukan satu hal saja pada satu waktu. Fokus itu namanya.

2) Pesimis jangan, optimis lebih baik, tapi yang terbaik tetaplah realistis. Tetapkan tujuan yang memungkinkan untuk dicapai, bukan mission impossible. Buat juga sasaran-sasaran jangka pendek dari pecahan tujuan jangka panjang dan tulis daftar tugas atau checklists. Tapi jangan banyak-banyak.

3) Input positif itu perlu, baca cerita sukses yang menginspirasi atau buku dan artikel motivasi setiap hari. Kalau bisa, ikuti seminar dan cari mentor atau teladan. Hati-hati dengan orang-orang yang malah kurang mendukung, bahkan seorang teman bisa aja menjatuhkan kepercayaan diri kita dengan keragu-raguannya.

4) Maka, pilihlah satu mitra atau rekan berdisiplin; yang mana sebelumnya sudah berkomitmen untuk saling mendukung dan memberikan imbalan atau traktiran jika salah satu partnernya berhasil mencapai satu keberhasilan tertentu. Diskusikan isu penting seperti penetapan prioritas bersama-sama.

5) Perbaiki diri, kenali kekuatan dan kelemahan diri. Ganti gaya hidup dengan yang lebih sehat dan aktif. Ubah makanan, kebiasaan, sampai pemikiran yang tadinya merusak diri atau negatif menjadi yang suportif atau mendukung kemajuan.

Bayangkan masa depan yang ideal dan pegang terus harapan itu agar tak pernah berputus asa. Pantang menyerah!

Salam sentosa…

Baca juga:
Tips Memotivasi Disiplin Diri
Cara Disiplin dalam Bekerja
Tips Motivasi agar Semangat dalam Bekerja
Bagaimana Cara Bangun Pagi

About these ads