Lakukan Sekarang!

by @rezawismail

Jika kita punya impian, dan menetapkan waktu kapan kita akan mencapainya, maka impian tersebut akan menjadi sebuah tujuan. Lalu kita menyusun rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Kita bagi menjadi beberapa sasaran yang harus dikerjakan. Akhirnya kita mesti konsisten dan berdisiplin dalam berusaha memenuhi sasaran-sasaran yang telah kita targetkan tersebut. Lalu, apakah impian kita itu akan terwujud?

Jawabannya, belum..


Kita harus benar-benar melakukan sesuatu tidak sekedar berwacana. Berencana saja tidak akan membawa kita kemana-mana, berusaha adalah kunci kesuksesan dalam mencapai tujuan yang kita telah tetapkan. Dan dalam usaha itu, dipastikan kita akan menemui rintangan-rintangan. Bahkan sebelum kita memulai mengerjakan apapun.

Sebelum berusaha, kita mesti memperhitungkan sumber daya, energi, dan waktu yang dibutuhkan. Belum lagi kesulitan baik dari luar atau lingkungan, orang lain maupun dari dalam diri sendiri. Rasa malas, rasa takut, segala macam kekhawatiran, serta penghalang psikologis lainnya bisa saja menghambat kita untuk memulai berusaha. 

Satu-satunya jalan adalah bertindak, mengambil alih kendali, dan berusaha mengontrol diri. Kita bisa mengawalinya dengan niat, doa, afirmasi, atau apapun tapi pada akhirnya kita harus mulai berusaha. Mengerjakan apapun yang bisa dikerjakan. Sekarang juga. Ini disebut menciptakan momentum. 

Eckhart Tolle, seorang guru spiritual, pernah menasehati bahwa realita yang nyata adalah di saat ini. Masa lalu dan masa depan akan selalu berupa pemikiran, kenangan atau bayangan, kita hanya bisa mencapai realisasi di masa sekarang.

Silahkan memiliki beberapa impian, kita boleh punya tujuan baik itu jangka panjang, menengah, maupun sasaran-sasaran dalam jangka waktu yang dekat. Kita juga bisa memecah beberapa target menjadi tahunan, bulanan, mingguan, bahkan harian. Namun, kita harus melakukan sesuatu sekarang. 

Usaha apapun, sekecil-sekecilnya tindakan akan menjadi signifikan jika dikerjakan saat ini juga. Jadi, berhenti membaca dan lakukan sesuatu sekarang juga. Mulailah menulis rencana, berbicara para seseorang yang dibutuhkan perkataannya, atau sekedar membuka Google dan mulai mencari. 

Apapun. 

Lakukan sekarang!

Setiap hari, setiap momen kita bisa berusaha dan benar-benar melakukan sesuatu saat itu juga. Kita semakin dekat dengan impian. Bahagia tiba, keputusasaan terhindarkan. Dan hidup akan menjadi bermakna…

Apa yang lebih berharga dari kehidupan yang memiliki arti?