5 Tips Berhenti Merokok

by @rezawismail

Dulu saya merokok mulai remaja hingga kuliah dan ketika bekerja sesekali untuk bersosialisasi.

Ayah saya perokok, adik-adik saya juga, bahkan pacar saya yang kini jadi istri saya juga dulu suka merokok.

Tapi istri saya bisa berhenti, dan saya pun juga, tak pernah lagi kita merokok setelah bertahun-tahun jadi perokok.

Kita sadar, rokok itu tidak baik untuk kesehatan, walau ada beberapa orang yang tetap berusia panjang, tetaplah..

Lebih baik rokok dan uang yang dikeluarkan digantikan dengan hal lain yang sudah pasti bermanfaat, bukan hanya untuk diri sendiri tapi orang-orang yang dicintai.

Jadi apa saja tips nya untuk berhenti merokok?

1. Bayangkan kemungkinannya di masa depan anda berhenti merokok, lalu niatkan dengan tulis tanggalnya, nyatakan kepada publik minimal beberapa orang sebagai ikrar, lalu mulailah mengurangi sedikit demi sedikit hingga tanggal yang ditetapkan akan berhenti total, silahkan tulis!

2. Jadi buat perencanaan, tulis tujuan dan ingatkan dengan dicetak serta ditempel di banyak tempat. Umumkan serta bergabung pada forum diskusi, minimal ngobrol-ngobrol sama yang sudah berhasil sebagai motivasi.

3. Kasih hadiah kecil jika berhasil pada 24 jam pertama, reward yang menyenangkan pada minggu pertama, nabunglah untuk membeli barang atau liburan ke tempat wisata yang disuka jika berhasil pada bulan pertama, juga rencanakan perayaan kesuksesan setahun. Sebelumnya, kuatkan diri jika ada godaan, tunda terus dengan imajinasi keberhasilan, takutlah jika gagal, pikirkan hambatan & solusinya.

4. Yang paling susah itu 3 hari pertama,  lalu minggu kedua, lewati itu maka pengalaman berharganya akan jadi lontaran semangat, tapi di awal-awal siapkan banyak kegiatan pengganti, sibukkan diri, cari hobi, bikin daftar aktivitas jika timbul pemicu ingin merokok, kalaupun gagal, belajarlah dari situ serta mulai lagi, tapi dengan bekal pengetahuan tambahan.

5. Optimis dan tetap berpikir positif, latih disiplin dengan olahraga, yoga, meditasi, membaca, serta terima kesendirian tapi tetap cari kawan, rokok bukan teman nyata, temukan banyak sahabat baru dari komunitas-komunitas selain dengan para perokok, berani ambil garis tegas kalau memang ingin berubah jadi lebih sehat demi keluarga.

Silahkan dicoba, awali dengan komitmen kuat kalau perlu mandi lalu berpuasa jangan makan dan minum juga kalau itu jadi pemicu, puasa total sebagai langkah yang kayaknya putus asa malah bisa menghentikan  kebiasaan buruk merokok selama bertahun-tahun dalam hitungan hari!