4 D X (The 4 Disciplines of Execution)

by @rezawismail

Catatan dari buku berjudul “The 4 Disciplines of Execution: Achieving Your Wildly Important Goals” (penulis: Chris McChesney, Sean Covey, Jim Huling)

Banyak orang mempelajari strategi tapi tidak optimal dalam eksekusi. Perencanaan yang baik itu penting, tapi akan percuma jika tidak dijalankan sesuai dengan yang dikonsepkan.

Konsep utama yang pertama adalah: WIG (Wildly Important Goal) yaitu sasaran yang paling penting, maka itu yang diprioritaskan.

Jadi buat satu tujuan utama, atau maksimal dua tidak lebih, itulah yang paling pertama ditetapkan, supaya bisa fokus jangan sampai melakukan terlalu banyak tapi tidak menghasilkan secara maksimal.

Peluang kesuksesan tergantung dari pemanfaatan sumber daya yang terbatas yang difokuskan pada satu atau dua hal saja dulu, yang penting adalah keberhasilannya.

Disiplinlah untuk dalam mengejar target, mesti spesifik dan didefisinikan dengan jelas serta terukur, jangan menyia-nyiakan waktu juga tenaga pada hal-hal lain yang menjadi distraksi, berkomitmenlah pada WIG ini.

Sebagai langkah awal, berpikirlah kreatif jangan sekedar reaktif saja (hanya bereaksi memberikan respon standar) tapi buatlah gerakan proaktif berdasarkan prinsip.

Arahkan upaya pada aktivitas yang memberikan peluang terbesar untuk mendapatkan kemajuan (disebut: Lead).

Jaga ukuran (atau Score) dengan konsisten membuat perhitungan serta dianalisis. Jadi harus tahu sampai dimana progress-nya, buat jadwal dari tindakan-tindakan kunci.

4 DX membutuhkan kedisiplinan, khususnya dalam implementasi ide. Maka integrasikan taktik yang dimiliki menjadi jenis-jenis kegiatan inti apa saja yang penting untuk dilaksanakan setiap hari (produktivitas).

Akhirnya, buat akuntabilitas dengan menciptakan pertanggungjawaban kepada orang lain, rekan atau atasan secara berkala.

Baca informasi lengkap lebih lanjut di https://tipsmotivasi.com/2018/12/27/4-disiplin-eksekusi-the-4-d-x-summary-bagian-2/