Cintai Bumi

by @rezawismail

Prinsip keadilan dan kesetaraan menyatakan bahwa setiap orang, apapun asalnya, suku serta ras, dan jenis kelaminnya harus diberikan kesempatan yang sama; jangan sampai disakiti atau menderita atas kepentingan golongan lainnya.

Begitulah moralitas seharusnya didefinisikan, dengan prinsip bahwa lebih baik meringankan penderitaan walau kesenangan jadi tidak maksimal, tapi bisa diraih bersama, secara adil.

Ayo berpikir: buat apa jika kita mendapatkan PRIVILEGE tapi di atas pengorbanan yang lain, apalagi sampai tersakiti dan menderita bukan tanpa tidak sengaja lagi, itu tidak adil dan tidak bermoral?

Sekarang, mari kita perluas kepada spesies lain juga: kalau ada pilihan untuk tak menyakiti atau membawa penderitaan, mengapa kita tak memilih itu?

Karena untuk menghindari rasa sakit dan derita yang bisa dirasakan oleh makhluk berkesadaran, berperasaan itu sudah menjadi kewajiban moral, penegakan keadilan.

Bayangkan, kita sendiri pasti tentunya akan marah bukan jika tidak perlakuan secara adil, tak mendapatkan kesempatan yang setara malah dimanfaatkan dan disakiti secara sengaja menjadi mengalami penderitaan yang sebenarnya tak perlu, ingat bahwa niat itu menentukan pertimbangan moralitasnya.

Jika ada pilihan untuk tidak menyakiti yang lain, juga diri sendiri tentunya, mengapa tidak dilakukan? Kecuali jika Anda adalah orang yang keji!