Mata Uang Utama dalam Bisnis

by @rezawismail

Apakah mata uang yang terutama dalam bisnis?

Apakah Rupiah? Dollar? Emas?

Itu semua memanglah mata uang yang digunakan sebagai nilai tukar dalam berbisnis. Namun bukan yang terutama.

Mata uang utama dalam bisnis adalah: Kepercayaan.

Atau trust dalam bahasa Inggris. Bisnis bisa terjadi dengan kepercayaan. Jika tidak dilandasi kepercayaan, itu bukanlah bisnis. Transaksi bisa saja terjadi, tapi hanya bersifat sementara.

Bisnis yang ingin bertahan dalam jangka panjang membutuhkan fungsi marketing yang sustainable. Pemasaran yang menciptakan kepercayaan kepada para pelanggan dan klien perusahaan tersebut.

Penjual yang ingin berhasil menjual dan meningkatkan penjualannya harus mampu menanamkan kepercayaan kepada prospeknya. Pembelian mensyaratkan kepercayaan dari sang pembeli kepada sang penjual.

Seorang karyawan yang ingin dipromosikan harus bisa dipercaya bisa memegang wewenang yang diberikan. Karyawan tersebut juga mesti dipercaya memiliki keahlian yang dibutuhkan. Jabatan berarti kepercayaan.

Lebih krusial lagi, bentuk komunikasi yang efektif membutuhkan kepercayaan. Pemimpin yang kompeten haruslah pemimpin yang dipercaya bawahannya bisa membawa kepada kesuksesan.

Lalu, bagaimanakah kita memperoleh kepercayaan yang tinggi?

Yaitu dengan integritas. Antara perkataan dan perbuan konsisten. Selalu berkata jujur dan berbuat dengan penuh tanggung jawab.

Kepercayaan juga dibangun dengan kredibilitas. Yaitu menjalankan janji-janji yang sudah diberikan. Tidak memberikan alasan/excuses. Serta tidak mengecewakan

Jadi, sebelum kita menggunakan strategi dan taktik marketing yang canggih. Kita harus bisa dipercaya oleh market. Inilah tehnik branding yang mendasar.

Kesuksesan dalam berbisnis dimulai dari membangun kepercayaan orang lain. Memasarkan diri tanpa kemunafikan, kebohongan, atau kelicikan. Bekerja tulus dari hati