5 Kualitas Kepemimpinan yang Membawa Kemajuan

by @rezawismail

Dalam tulisan tips motivasi kali ini, saya akan membahas tentang pemimpin dan lebih tepatnya adalah tentang kualitas kepemimpinan dengan meningkatkan keahlian dari lima kemampuan pemimpin seperti berikut ini;

  1. Mempunyai Pengamatan yang Detail. Ini berarti mampu mengobservasi lingkungan dan pasar. Mengetahui kekuatan kelompok yang dipimpin dan kelemahan pesaing-pesaingnya.

    Mengumpulkan dan menyaring segala informasi yang relevan secara detail dan mendalam. Mengungguli persaingan dengan inovasi yang unik serta perbaikan terus-menerus sampai mencapai kesempurnaan di atas pencapaian masa lalu ataupun pesaing lainnya. 
  2. Melakukan Perbaikan dan Berinovasi. Ini berarti mampu memulai budaya untuk melakukan perbaikan secara konsisten, dan berinovasi untuk mencapai tujuan bersama dengan jalan yang terbaik. Melihat dengan jelas pilihan jalan yang diambil, lalu mengambil keputusan dengan tepat. Keputusan yang membutuhkan intuisi.
  3. Memiliki Intuisi yang Tajam. Ini berarti mampu memilih secara tepat dan menghindari kesalahan yang fatal. Intuisi yang tajam akan membimbing sang pemimpin untuk mengambil keputusan-keputusan yang terbaik. Melatih intuisi adalah dengan mengasah pikiran lewat meditasi yang mendalam serta banyak membaca. Intuisi yang bisa diandalkan oleh seorang pemimpin adalah intuisi yang juga bisa membaca arah di masa depan. Intuisi yang visioner. 
  4. Menciptakan Visi yang Memajukan. Ini berarti mampu merancang arahan-arahan yang bisa membimbing perjalanan bersama. Mendesain langkah-langkah mudah dengan cara kerjasama dan membuat suatu sinergi dalam meraih tujuan di masa depan. Berarti menciptakan visi sebagai penunjuk arah untuk melangkah maju. Dan yang terpenting;
  5. Membuat Perubahan yang Bermakna. Inilah kemampuan pemimpin yang paling utama untuk meraih kesuksesan. Tanpa perubahan tidak akan ada kemajuan atau perkembangan yang berarti. Kepemimpinan yang berkualitas membutuhkan kelima keahlian yang telah saya bagikan wawasannya seperti yang di atas. 

Maka, semua dimulai dari pengamatan. Ingin yang dipimpin berperilaku lebih baik? Amati dia/mereka secara mendalam. Mau meraih perkembangan yang berarti? Inovasi serta perbaikan terus-menerus adalah jawabannya, yang berawal dari mengamati semuanya lalu menemukan intuisi untuk menciptakan suatu visi untuk bertindak dan melangkah maju. Salam sukses!