6 Tips Menjaga Motivasi Setiap Hari

by @rezawismail

Motivasi seperti makanan, menjadi bahan bakar untuk sumber tenaga kita dalam beraktivitas. Motivasi adalah bahan bakar dalam berkarya. Dan seperti makanan, kita perlu motivasi setiap hari. Tidak ada orang yang hanya sekali termotivasi untuk selamanya tanpa pernah kehabisan semangat.

Seseorang mungkin bisa menghadiri suatu seminar motivasi dan terbakar semangatnya untuk bekerja, tapi semangat itu tidak bertahan lama. Maka dari itu, kita perlu menjaga motivasi diri setiap hari. Sama seperti kita perlu makanan setiap hari (walaupun saya pernah tidak makan berhari-hari, hanya minum tapi itu untuk menurunkan berat badan dan kadar trigliserida saya yang sudah ketinggian, silahkan baca kisahnya di postingan tentang water fasting disini).

Kembali ke topik, untuk menjaga tingkat motivasi agar tetap tinggi setiap hari ada beberapa tips yang bisa saya bagikan. Berikut adalah beberapa tips motivasi sederhana itu:

  1. Kelilingi Diri dengan Orang-Orang yang Positif. Selalu upayakan untuk saling menyemangati dalam berkeluarga dan berpasangan. Pasangan dan anggota keluarga adalah penyemangat di awal hari dan penutup malam. Hindari orang-orang sering berpikiran negatif, suka mengeluh, menyalahkan keadaan, menjelek-jelek kan orang lain, dan kawan-kawannya. Bersahabatlah dengan mereka yang optimis, mudah bersyukur, berpikir positif, senang berbagi ilmu, dan teman-temannya. Kalau perlu, tinggalkan lingkungan serta mereka yang beracun, yaitu yang jika berada di sekitarnya energi kita malah terasa terkuras dan menjadi tidak semangat. 
  2. Melakukan Aktivitas Mental yang Positif. Mulailah hari dengan doa yang berpengharapan baik, lanjutkan dengan afirmasi dan visualisasi yang positif. Bayangkan hari serta pertemuan dengan orang lain nanti berjalan dengan baik.

    Selalu berpikir optimis, dan rajin-rajin bersyukur misalnya dengan menulis daftar sepuluh hal yang bisa disyukuri setiap hari. Jika ada yang tidak menyenangkan, carilah makna dibalik setiap peristiwa, terdapat pelajaran kehidupan dan lihatlah segala sesuatu dari sudut pandang yang terbaik. Berpikirlah juga dalam jangka panjang. 
  3. Membaca dan Input Positif Lainnya. Silahkan baca blog motivasi setiap hari, bacalah buku minimal satu bab atau satu artikel yang bisa memotivasi setiap hari. Bacalah tentang biografi orang-orang sukses, tulisan, rekaman suara, atau video yang inspirasional. Tulislah daftar kesuksesan baik besar maupun kecil (mingguan) dan ingat-ingatlah selalu. Simpan kartu atau tempel poster berisi tulisan penyemangat dan bacalah setiap hari. Jangan pernah berhenti belajar, khususnya tentang psikologi dan pengembangan diri. 
  4. Berpura-pura Bersemangat sampai Termotivasi Betulan. Sudah banyak penelitian psikologi yang membuktikan hal ini, kalau sikap kita bisa mempengaruhi kondisi mental kita. Walaupun suatu hari kita merasa down, kita tetap harus tegakkan badan. Jangan menunduk malas, angkat kepala dan tersenyum saja pada dunia. Busung kan dada, dan berjalanlah dengan penuh semangat. Kalau perlu lompat-lompat dan berteriaklah, pekikkan kata-kata keberhasilan dengan penuh keyakinan. 
  5. Kuatkan Tubuh dan Jiwa. Motivasi bisa turun karena masalah kesehatan, daya tahan tubuh yang menurun adalah salah satu sebab semangat yang kendor. Cobalah sempatkan setiap hari bertemu matahari, minum air putih yang banyak serta mengonsumsi suplemen. Jangan lupa untuk berolahraga dan bernafas secara mendalam. Kelola stres dengan rileksasi seperti yoga atau meditasi, hobi seperti bernyanyi dan menari, atau kegiatan lainnya yang menyenangkan jiwa. Kalau perlu ambil liburan, cari waktu dalam kesendirian lepas dari pekerjaan atau menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang dicintai.
  6. Bangun Pagi. Rencanakan segala sesuatunya dari awal, buat prioritas pencapaian tujuan atau sasaran-sasaran harian agar hari kita berjalan tidak acak-acakkan dan semua berjalan lancar tanpa terburu-buru atau terlupakan. Ingatkan kembali kepada diri sendiri akan obsesi dan ambisi yang ingin dikejar. Sempatkan waktu untuk berkontemplasi, membaca dan menulis, bercengkrama atau sekedar memeluk orang tersayang, dan menikmati matahari terbit seraya mengucapkan doa atau afirmasi di pagi hari.

Sekian dahulu tips-tips motivasi dari saya kali ini, selanjutnya akan saya bagikan lagi tips-tips motivasi pembakar semangat dalam berusaha pada tulisan-tulisan selanjutnya. Silahkan berlangganan agar tidak ketinggalan postingan-postingan dari saya di masa mendatang dengan mendapatkan artikel tips motivasi terbaru langsung di e-mail Anda. Salam semangat!