Tips Motivasi Menghadapi Orang Sulit

by @rezawismail

image

Bayangkan Anda sedang menjenguk orang yang sedang sakit parah di sebuah rumah sakit. Orang ini adalah pasien sakit yang fatal, sewaktu-waktu dia bisa meninggal. Sakitnya bikin dia stres, marah-marah, dan menyulitkan orang lain.

Tapi Anda memakluminya, bahkan bisa melihatnya dengan rasa kasihan. Rasa iba dan bersimpati atas penyakitnya.

Dia sakit keras, parah. Dia menahan kesakitan dan suka berteriak, berperilaku tidak menyenangkan karena dia sedang menderita. Anda tentu tidak akan memarahi orang ini bukan?

Kalau dia berbuat yang tidak menyenangkan, terlihat egois, Anda akan memakluminya. Anda mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda. Rasa belas kasih dan kesabaran yang penuh cinta.

Cobalah memunculkan bayangan ini setiap Anda menghadapi orang sulit. Orang yang membuat Anda kesal dan ingin berkonfrontasi. Apakah penting untuk menang dalam interaksi ini?


Bersabarlah dan ibalah pada mereka yang mengesalkan Anda. Bayangkan mereka itu sedang sakit. Orang sulit adalah orang sakit. Imajinasikan itu.

Anda akan bisa lebih bersabar dan berkelas kasih, tidak akan menguras energi. Anda akan lebih bisa menata emosi dan mengelola diri secara lebih baik.

Dari pada terpancing oleh emosi negatif, lebih baik memunculkan perasaan positif yang lebih konstruktif. Ubah sudut pandang ketika sedang menghadapi orang sulit.

Dia sedang sakit..