Trik Motivasi Ingatan dari Masa Depan

by @rezawismail

To accomplish great things we must not only act, but also dream, not only plan, but also believe.
-Anatole France

Viktor Frakl adalah seorang penyintas, beliau berhasil survive dari camp Nazi dan menulis buku psikologi yang sangat berpengaruh: Man’s Search for Meaning. Buku yang sangat bagus sekali, wajib baca. Tentang berpegang erat pada makna, mengejar arti hidup seberat apapun penderitaan kita. Teori psikologinya yang tertuang dalam ilmu logotherapy sangat terkenal dan dianggap sebagai bapak ilmu psikologi bersama Sigmund Freud dan Jung. 

Tapi di dalam tulisan ini saya tidak membahas teknik-teknik dalam logotherapy walaupun sangat bagus seperti teknik paradox. Namun saya akan membagikan trik motivasi yang digunakan Viktor Frankl untuk menguatkan diri dan bertahan dari kekejaman Nazi. Trik ini bisa digunakan untuk memotivasi diri dalam mencapai tujuan. Trik motivasi ini disebut Ingatan dari Masa Depan. 

Sebagai contoh, misalkan sekarang saya adalah orang yang kelebihan berat badan dan ingin menurunkan berat badan. Tujuan saya adalah bertahan melawan segala godaan dari makanan yang menggemukkan seperti gula serta karbohidrat yang telah diproses. Saya juga ingin lebih rajin berolahraga dan tidak tergoda dengan kemalasan. Bagaimana supaya saya kuat bertahan dan tetap gigih dalam tujuan saya mengejar penurunan berat badan?

Tentunya, saya akan mempelajari materi-materi tentang diet dan kesehatan secara umum. Saya akan mempersiapkan rencana tindakan untuk mengurangi makanan-makanan yang bisa menaikkan insulin sebagai hormon penyimpan lemak. Saya mesti bisa mengurangi jumlah dan frekuensi saya makan. Berolahraga walau hanya sekedar berjalan kaki beberapa kilometer setiap hari. 

Tidak tergoda untuk ngemil atau makan makanan yang manis-manis. Saya harus bisa menurunkan intoleransi atau resistansi insulin sehingga kadar insulin saya tidak terlalu tinggi. Insulin yang terlalu tinggi inilah sumber kegemukan saya dan mengancam kesehatan dengan diabetes, obesitas, penyakit jantung, rawan sendi, serangan stroke,  serta yang lainnya. Saya sebaiknya berpuasa beberapa kali dalam seminggu untuk meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan banyak makan sayuran serta lemak non-trans untuk menekan nafsu makan. 

Masalahnya adalah, daya tahan kita untuk berdisiplin sering rendah dan kekuatan kehendak pun terbatas. Kita bisa mencoba menyatakan niat kita di depan umum, bahkan berani membayar taruhan mahal jika sampai gagal. Kita juga bisa mencoba meditasi, berafirmasi, dan aktivitas-aktivitas untuk mengurangi stres lainnya. Namun tetap saja sulit menahan diri. Kita hindari lingkungan yang kurang mendukung, sayangnya kita tidak bisa selalu begitu. Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

Satu trik motivasi sederhana adalah dengan membuat ingatan, menciptakan kenangan dari masa depan. Masa dimana kita sudah berhasil meraih tujuan kita dan bercerita bagaimana perjalanan kesuksesan kita. Jadi, kita bisa melakukan story-telling atau berimajinasi. Melakukan visualisasi kalau perlu bikin videonya. 

Dalam contoh tujuan penurunan berat badan, saya akan mencari foto-foto dimana saya masih kurus atau mencari gambar yang mirip dengan tujuan saya; seseorang yang telah langsing. Trik motivasi ini intinya adalah, saya menceritakan ulang memori-memori dimana saya sudah dalam kesuksesan (di masa depan khayalan ini) berhasil menurunkan berat badan. Saya berpura-pura mengingat-ingat bagaimana saya dulu gemuk dan sekarang sudah kurus. 

Misalnya saya mensyuting video dimana saya sedang melihat foto-foto saya sudah kurus (diambil dari foto lama dimana saya masih kurus, lalu dimodifikasi atau kalau tidak ada, pakai gambar orang lain yang langsing tapi mirip). Dalam film ini saya mengenang bagaimana sekarang (imajinasi) saya sudah langsing. Saya menjelaskan perjalanan penurunan berat badan beserta kesulitan-kesulitannya. 

Sebagaimana Viktor Frakl, walau ditahan dalam penjara yang menyiksa, pikirannya bebas mengembara dan memikirkan bagaimana momen-momen dimana dia sudah berhasil melewati semua penderitaannya dan berkumpul kembali bersama istri tercinta dan keluarga serta para sahabat. Bayangan yang indah akan kebersamaan di masa depan inilah yang membuat beliau bertahan hidup dan berhasil menuliskan bukunya yang dahsyat itu. 

Selamat mencoba (dan membaca karya-karyanya Viktor Frank yang sangat menginspirasi) serta mengingat masa depan yang gilang-gemilang. Salam Motivasi!