Motivasi Diri dengan Bahan Bakar yang Benar

by @rezawismail

Seringkali kita merasa pikiran kita bertanggung jawab atas motivasi diri. Ketika kita berpikir pesimis, perasaan menjadi kurang termotivasi, dan kinerja jadi menurun. Ada benarnya, tapi banyak faktor yang mempengaruhi pikiran kita. 

Faktor lingkungan misalnya, jadi sebaiknya atur lingkungan dan pergaulan dengan baik. Jangan sering-sering mendengar mereka yang berpikiran negatif. Lebih baik menyendiri dan membaca buku yang bermutu daripada mendengarkan opini-opini yang menjatuhkan semangat. Berhenti bergosip atau mengeluh, lebih baik angkat semangat dengan kata-kata yang positif. 

Kalau tidak bisa mempengaruhi orang lain dengan kata-kata yang positif, mending pengaruhi diri dengan kata-kata yang positif. Dengar, tonton, baca, apapun itu carilah input yang positif bagi pikiran setiap hari. 

Harus setiap hari, sama seperti mandi. Dan makan. Berbicara tentang makanan, asupan makanan juga sangat berpengaruh bagi pikiran. Ada istilah “kenyang bego” yaitu keadaan susah berpikir setelah makan kekenyangan. Khususnya makan makanan yang mengandung gula tinggi seperti karbohidrat. 

Dalam jangka panjang, kegemukan dan resistensi insulin karena gula darah yang seringkali tinggi juga mempengaruhi otak. Peredaran darah yang kurang lancar karena banyak makan junk food sangat mempengaruhi kecerdasan dan semangat beraktivitas. 

Makanlah makanan yang alami yang sudah dikonsumsi manusia selama ratusan ribu tahun seperti daging, ikan, telur. Jauhi Pati berkabohidrat tinggi, tepung dan gula. Rasakan selama beberapa minggu saja makan makanan bergizi tinggi ini dan motivasi akan meningkat. Info lebih lanjut silahkan klik situs Pantang Diet

Rileksasi dan sesekali berpuasa juga perlu. Istirahatkan sistem pencernaan dan tubuh, nikmati kesendirian. Berlatih merenung dengan berpikir mendalam tidak hanya bengong. Kalau perlu jauhi peradaban dulu dan berjalan di alam bebas hirup udara segar supaya fresh.  Supaya nanti siap menghadapi beragam jenis manusia dalam bekerja dan berprestasi. Salam semangat motivasi diri!