Kebiasaan Kecil

by @rezawismail

Tiny Habit adalah istilah yang digunakan seorang peneliti dari Stanford, BJ Fogg, untuk kebiasaan kecil yang sangat mudah dilakukan.

Kebanyakan tindakan, membutuhkan motivasi dan mayoritas orang berpikir untuk meraih kesuksesan besar butuh inovasi atau perubahan yang hebat.

Padahal, kemajuan dibangun dari banyak perbaikan-perbaikan kecil yang terus-menerus alias konsisten.

Konsistensi adalah kunci, melebihi kuantitas atau intensitas tindakannya.

Keberhasilan seseorang paling sering dipengaruhi kebiasaan-kebiasaannya, namun kegagalan juga akan didapat jika kebiasaan-kebiasaannya buruk.

Untuk menanamkan tindakan yang konsisten alias kebiasaan ini butuh motivasi, sayangnya tidak selamanya tingkat motivasinya bisa mencukupi.

Maka dari itu, adalah penting untuk menanamkan dahulu konsistensinya supaya terbangun momentum inersia.

Nantinya dengan pergerakan tindakan yang sudah berjalan rutin, akan lebih mudah dalam proses sampai tujuan.

Agar terus bertindak, walau motivasi sangat rendah, tingkat kebiasaannya harus dibuat amat sangat mudah plus anti gagal, misal hanya satu menit, dll.

Kebiasaan kecil ini juga bisa dikaitkan dengan kebiasaan yang ada sebagai pemicu awal dari kebiasaan kecil ini.

Jadinya, kebiasaan yang sudah ada menjadi pemicu alias trigger (cue) bagi kebiasaan kecil yang baru mau dimulai ini; misal setelah sikat gigi coba untuk bermeditasi satu menit.

Pada contoh di atas, meditasi adalah salah satu kebiasaan baru yang ingin ditanamkan walau hanya semenit tapi harus bisa dilakukan secara konsisten jangan pikirkan dulu intensitas atau kuantitasnya, itu nanti akan otomatis.

Memang sepertinya remeh dan aneh, untuk melakukan tindakan sekecil itu, tapi berapa lama Anda sudah berniat melakukan sesuatu tapi selalu gagal atau tertunda karena belum menjadi kebiasaan yang tertanam kuat atau malah terhambat oleh rasa takut, dst.

Dengan kebiasaan kecil yang dimulai dari satu tindakan anti gagal saking sangat mudahnya, kita akan mampu maju selangkah lebih dekat ke tujuan daripada selamanya tertahan tanpa ada perkembangan, inilah rahasianya.

Kebiasaan kecil akan melatih otot kedisiplinan, yang lama-kelamaan kebiasaannya semakin kuat, lalu tumbuh besar!!!