Tips Inspirasi: Temukan Teladan

by @rezawismail

Menjadi orang terkaya di akhir hayat saya bukanlah hal yang penting, mengatakan bahwa saya telah mengerjakan sesuatu yang menakjubkan sebelum saya tidur adalah hal yang terpenting. -Steve Jobs

Salah satu cara untuk tetap termotivasi dalam komitmen kita untuk sukses mencapai tujuan adalah menemukan teladan. Teladan adalah orang yang telah sukses terlebih dahulu di bidang yang menjadi tujuan tersebut. Seorang teladan akan memberikan inspirasi dan kekuatan yang memotivasi diri; khususnya ketika komitmen kita mulai kendor.

Ketika kita mencari dan menemukan seorang teladan, bukan berarti kita harus meniru segalanya. Yang terutama adalah membuat pengamatan secara mendalam. Observasi yang teliti akan membawa minat yang lebih; inspirasi yang akan mengobarkan semangat membara dalam memotivasi diri kita untuk ingin menjadi seperti teladan kita. Bahkan untuk menjadi lebih baik dari sang teladan.

Makna yang sesungguhnya dengan memiliki seorang teladan adalah untuk menyingkirkan segala ketakutan dan keraguan yang ada di dalam pikiran ketika kita ingin mengejar impian. Pemahaman bahwa mimpi kita bisa menjadi nyata dalam diri seorang teladan akan membawa kesadaran bahwa kita juga berpotensi mencapai kesukesan yang sama, atau paling tidak mendekati.

Namun demikian, bukan berarti kita tidak bisa memiliki teladan yang berasal dari dunia khayalan. Boleh saja teladan kita itu berupa tokoh fiktif, agar kita bisa mengingat kualitas sikapnya sehingga kita bisa terinspirasi ketika kita membayangkan, menonton atau membacanya di dalam sebuah karya fiksi.

Menemukan seseorang atau beberapa orang teladan bukan berarti kita harus memujanya secara membabi buta. Kita juga harus tahu bahwa tidak ada orang yang sempurna. Teladan yang baik berarti memiliki kelemahan dan kekurangan juga, selain kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Kita harus belajar agar tidak melakukan kesalahan yang sama atau bahkan mempelajari bagaimana cara seorang teladan mengatasi masalahnya tersebut dalam mencapai kesuksesan.

Selain mencari inspirasi dari orang-orang yang sedang menjalani kehidupan seperti yang kita inginkan, para teladan ini juga bisa menjadi kolega yang berharga dalam karir kita. Pertemanan dengan seorang teladan akan memaksa diri kita untuk meningkatkan kualitas diri ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan adanya kemajuan teknologi, akses kepada sang teladan menjadi lebih mudah. Mengikuti akun twitter-nya misalnya, menjadi solusi yang mudah untuk terus terinspirasi dan menjalin koneksi.

Jadi, memiliki seorang teladan amatlah penting. Sungguh amatlah banyak keuntungan dan manfaat yang didapat kala kita memiliki seorang teladan. Investasi waktu dan tenaga dalam membaca biografi, menyisihkan waktu untuk berusaha meniru paradigma berpikir sang teladan, adalah aktivitas yang bernilai tinggi untuk kesuksesan kita. Sempatkanlah waktu untuk mengingat dan berkontemplasi kepada teladan kita secara rutin agar level motivasi kita terjaga dengan konsisten.

Teladan yang inspiratif akan memberikan kekuatan agar kita tetap teguh dalam mengejar impian kita. Dengan meniru seorang teladan dan memodifikasi peniruan kita sesuai karakter kita sendiri, kita bisa menjadi orang yang lebih baik dari sang teladan. Adaptasi model yang bisa dicontoh dari seorang teladan akan memberikan kemudahan dan semangat dalam bekerja. Kesimpulannya, seorang teladan akan menjadi inspirasi motivasi yang sangat berharga. Coba saja!

Baca juga:
Mencari Inspirasi
Memotivasi Komitmen yang Kendor
Kepemimpinan yang Menginspirasi
Kecerdasan dan Kerja Keras: Thomas Alva Edison