Definisi Sukses

by @rezawismail

image

Banyak orang mendefinisikan sukses secara terbatas. Umumnya sukses dinilai dengan ukuran-ukuran eksternal seperti: penghasilan yang besar, rumah dan mobil yang mahal, pasangan yang menarik, dan sebagainya.

Cobalah berpikir secara unik dan jangan mau didikte begitu saja oleh pandangan yang terbatas. Definisikan sukses terlepas dari perhitungan materi belaka. Pandanglah kehidupan yang sukses sebagai berkah dari kesehatan yang baik, memiliki tempat tinggal dan keluarga, pembelajaran yang berkelanjutan, pengembangan diri, pekerjaan yang menantang, serta teman-teman yang baik.

Kesuksesan diukur dari seberapa banyaknya yang bisa kita bagi daripada yang bisa kita terima, menikmati hidup dan memberikan cinta-kasih secara tulus. Bisa menolong orang lain, membantu sesama, dan meraih keikhlasan. Sukses yang bukan hanya sekedar tujuan yang ingin dicapai, tapi perjalanan itu sendiri.

Perjalanan yang mesti kita jalani sendiri, bukan mengikuti jalan orang lain dengan definisi yang terbatas. Kita bebas berpikir dan mencari makna dalam perjalanan kesuksesan kita. Apakah yang kita cari? Penyesalan seperti apa yang ingin kita hindari sebelum mati. Memori yang bagaimana yang ingin kita kenang sebagai momen sukses diri?

Definisikan sukses berdasarkan nurani, bukan sekedar materi. Karena jiwa kita adalah abadi, bukan sekedar fisik yang fana. Maka, kejarlah kesuksesan yang memuaskan hati bukan hanya ambisi diri atau ekspektasi orang lain. Jangan pedulikan apa kata orang, kecuali orang-orang yang kita sayangi.

Oleh karena mereka yang kita sayangi, kesuksesan kita menjadi berarti..

Iklan