Tips Meningkatkan Mood

by @rezawismail

" https://www.instagram.com/p/CXVt5XnPThF/?utm_medium=copy_link
"

Yuk ajak temen-temen, dan niatin diri sendiri coba sebulan aja PDKT: Pantang Diet Karnivoreset Therapy

Kunci suksesnya ada di mental pikiran, hilangkan kecanduan dan atasi emosi bukan dengan makan/ngemil jika stres, jenuh, bosan, bete, dll. Tapi coba ke arah ibadah, hobi, sosialisasi, dll.

Otak manusia mudah sekali kecanduan karbo/gula, seperti monyet yang banyak konsumsi buah jika stres dan penelitian buktikan kalau tikus lebih memilih air gula daripada narkotika bahkan!

"Kehilangan yang tidak membuat sedih adalah kehilangan berat badan.."

Kalau sedang sedih, bad mood dan malas kurang bersemangat; coba bergerak aja, kerjakan sesuatu: dengan berkarya masuk kondisi Flow cari yang seimbang antara tantangan dan kemampuan,

Akan menjadi lupa waktu ngga sempet stres..

Belajar juga meditasi atau perenungan cinta kasih; berempati dan lebih peka ke sesama:

Bantu orang lain yang lebih susah, jadi lupa mikirin kesulitan diri karena sibuk membantu sesama dengan sayang akan bahagia…

Pikirkan kontribusi, arti atau makna tak hanya pengejaran ambisi personal, tapi lihat lebih besar, paradigma planet akhirat

Jangan lupa berjemur juga, vitamin D rendah cirinya depresi dan defisiensi Omega 3 bikin bete DOWN, bersosialisasi juga penting, jangan sendirian aja..

Bener harus bersyukur dan positive thinking,

Negative thinking juga bisa dalam arti pikirkan bahwa semua bisa lebih buruk, rumah kebakaran, sakit parah tapi kan ngga?
Jadinya bersyukur..

Tips terakhir; sengaja hidup susah, mandi air dingin, tidur di lantai alas kayu keras, puasa ngga makan atau minum, stop hiburan alias dopamine fasting/DETOX

Itu dopamin yang overstimulasi jadi turunkan semangat motivasi rendah karena kebanyakan hiburan receh, gadget, nonton drakor, YouTube, dll. Merenung dan menyendiri aja tanpa elektronik atau apapun: Digital Detox.

Jangan selalu mengejar kesenangan (hiburan, makan enak, scroll2 IG/Tiktok, nonton santai, rebahan) akhirnya terjadi ketidakseimbangan hormonal neurotransmitter di otak jadi ketika kondisi biasa aja tanpa kesenangan jadi malah susah dan menderita, maka harus sengaja mengejar kesusahan dan kebosanan, jadi nanti kondisi biasa malah menjadi menyenangkan!

Saat berjemur, bergerak karena pas jalan kaki itu sarafnya nyambung ke otak.. Dalam buku ‘Spark’ disebutkan bahwa olahraga bukan untuk kesehatan raga aja tapi justru jiwa, menangkal stres, depresi, kecemasan..

Aktif bergerak dan berkarya demi sesuatu yang lebih besar, memberi arti, kontribusi, bermakna, jadi mengikis ego pribadi yang bikin bete, lalu enjoy the moment rasakan masa sekarang tanpa ekspektasi atau harapan masa depan penasaran aja dan masa lalu jangan disesali tapi itu udah takdir yang pasti, udah harus terjadi.. Gitu kira-kira pesannya!

Jangan sampai kondisi luar atau orang lain bikin down di dalam diri.. Anda kuat, punya prinsip, ada ruh yang berasal dari Tuhan

Dan bahagia juga adalah ketika sedang jatuh cinta, mencintai bukan dicintai (karena cakep, kaya, dll.) tapi mencintai, jatuh cinta..

Maka cintai kondisi saat ini dan jatuh cinta lah sama diri sendiri dan siapapun yang ditemui, lihat hatinya dan sayangi orang lain dengan memberikan perhatian..

Alternatif lain; berkesenian, menari, mengukir, atau melukis atau yoga, menulis dan membaca buku, serta melihat ke arah atas; lihat langit jangan menunduk bungkuk terus! Melainkan berpose superhero (Baca riset: Amy Cuddy)

Mendengarkan musik juga bisa memengaruhi mood.. Hati2 aja memilihnya, atau lagu-lagu religius atau suara orang mengaji, ceramah.

Akhir kata; semangat ngga semangat, sabar aja, duka dan suka, senang dan susah, datang silih berganti, ga ada yang permanen, ga usah dikejar motivasi itu, bahagia akan datang sendiri nanti, santai aja jalani lika-liku jalan kehidupan, yang penting jangan merasa sendiri

Kuatkan Iman aja pada Tuhan yang selalu setia menyayangi kita semua, itu pasti! Sabar aja dan terus ikhtiar, hasilnya kita pasrah dan ikhlas yaa