Tips Bangun Pagi 3: Tehnik Zombie

by @rezawismail

Tidur cepat dan bangun pagi membawa kesehatan, kesejahteraan, dan kebijaksanaan. -Benjamin Franklin.

Akhirnya saya bisa memenuhi janji saya untuk menuliskan tips tentang bagaimana cara bangun pagi bagian ke-3. Seperti tulisan yang pertama dan kedua, dalam tulisan ketiga ini saya akan membagikan cara bangun pagi yang telah teruji dan sukses.

Beragam tehnik cara bangun pagi sudah saya pernah tuliskan dan memang ampuh untuk membuat kita bisa terbangun dari tidur lebih pagi. Tapi bagaimana melawan rasa kantuk yang bisa membuat kita ketiduran lagi?

Banyak orang bisa bangun pagi hanya untuk tersadar beberapa saat dan beberapa waktu kemudian tertidur kembali; dan pada akhirnya malah jadi bangun terlambat dan kesiangan.

Bisa saja kita berhasil menerapkan tehnik-tehnik yang telah saya bagikan di tulisan cara bangun pagi yang kesatu dan bagian 2, namun kita merasa sangat malas untuk beranjak dari tempat tidur.

Seseorang mungkin saja sudah bisa membuka mata tapi hanya sebentar saja, dan karena masih bermalas-malasan di atas kasur, dia lalu berlanjut meneruskan mimpinya. Percuma saja bisa bangun pagi jika melek hanya untuk sesaat saja lalu menutup mata dan merem kembali.

Sebagai contoh; suatu pagi kita terbangun sejenak pada jam 5 pagi. Lalu kita berpikir; tunggu 5 menit lagi baru bangkit dari ranjang. Kemudian setelah 5 menit lewat, kita kembali terbuai. Jadi, bangun pagi saja tidak cukup, kita harus bisa menjaga kesadaran dan memotivasi diri untuk bisa segera mulai beraktivitas.

Masalahnya adalah, ketika seseorang bangun pagi dan baru mulai tersadar. Dia akan merasa sangat mengantuk, masih lemas dan kurang energi. Kadar oksigennya masih rendah setelah tertidur semalaman.

Sayangnya, kita malah menggunakan energi yang sedikit tersebut untuk berpikir. Ketika bangun di pagi hari, otak kita sibuk memikirkan alasan untuk tetap berbaring dan menunggu 5 menit lagi. Otak kita mengkonsumsi banyak energi ketika sedang berpikir. Sehingga tubuh masih lemas dan malas untuk bangkit dari tempat tidur.

Tehnik Zombie adalah tehnik dimana kita mengurangi aktivitas berpikir otak dan mulai mengaktifkan otot-otot di dalam diri untuk bergerak menjauhi ranjang, guling, dan bantal. Disebut tehnik zombie, karena zombie terkenal dengan pikirannya yang dangkal dan bergerak hanya mengikuti instingnya untuk makan (manusia!) Otak dan akal zombie sudah rusak sehingga tidak bisa berpikir secara mendalam. Zombie hanya bergerak memangsa tanpa banyak berpikir atau merenung.

Jadi, yang perlu kita lakukan setelah bangun pagi dengan sedikit kesadaran dan oksigen, serta tingkat energi yang masih rendah adalah kita perlu berhenti berpikir, mengumpulkan tenaga, lalu mulai bergerak dengan bangun dari tidur dan menjauhi ranjang.

Caranya adalah:

  1. Mengalihkan kesadaran dari otak yang sedang berpikir mencari alasan untuk tetap berbaring nyaman kepada nafas yang keluar-masuk. Perhatikan saja nafas masuk dan keluar, sehingga otak berhenti memikirkan berbagai hal lainnya.
  2. Setelah kita berfokus pada nafas, kita bisa menarik nafas lebih dalam untuk meningkatkan kadar osigen dan membuang nafas lebih lama agar karbon dioksida yang membuat lemas menjadi berkurang. Kita akan memiliki sedikit tambahan energi.
  3. Gunakan tambahan energi ini dan sedikit tenaga yang ada untuk menggerakkan otot, mulailah dari yang paling mudah; gerakkanlah ujung jari telunjuk kanan kita. Niatkan pada hembusan nafas yang berikutnya atau diniatkan waktunya (misalnya: tepat pada jam 5 lewat 5 menit) kita akan mengoyang-goyangkan jari telunjuk di tangan kanan kita.
  4. Secara bertahap, aktifkan otot-otot lain di tubuh kita. Alirkan tenaga dan gerakkan seluruh jari-jari kita tidak hanya telunjuk. Lalu seluruh tangan kanan kita. Lalu satu lengan kanan. Lalu goyangkan kedua lengan. Lalu seluruh badan. Serta akhirnya kita menggerakkan kaki-kaki kita untuk bangkit dari kasur, berdiri, dan melangkah menjauhi tempat tidur.
  5. Lakukan aktivitas bangun pagi seperti zombie, tanpa banyak berpikir. Jangan memikirkan apapun atau membuat keputusan. Siapkan daftar rutinitas pagi yang bisa dikerjakan secara alamiah tanpa perlu berpikir banyak. Misalnya; bangun pagi, berdiri, membuka pintu, keluar kamar tidur ke kamar mandi untuk cuci muka, lalu ke dapur atau ruang makan untuk minum segelas air, dan seterusnya sampai kita bisa tetap terjaga dengan level energi yang cukup yang sudah meningkat untuk memulai aktivitas di awal hari.

Tehnik Zombie ini telah terbukti efektif untuk mempertahankan kesadaran saat bangun pagi dan telah teruji berhasil membuat banyak orang bangun pagi tanpa menjadi terlelap kembali. Teorinya berdasarkan riset ilmiah para peneliti otak dan saraf terkini.

Kunci dari kesuksesan tehnik motivasi bangun pagi ini adalah;

  • Pengalihan energi dari otak ke otot dengan alat transisi berupa menyadari nafas yang keluar dan masuk,
  • Meningkatkan level oksigen dan energi yang masih sedikit di pagi hari dengan bernafas secara mendalam,
  • Menggerakkan otot secara bertahap dan dimulai dari satu jari telunjuk saja untuk melawan kemalasan, lalu mengoyang-goyang kedua lengan, lalu badan, lalu kedua kaki sampai bisa bangun dan berdiri agar bisa melangkah menjauhi ranjang,
  • Memiliki jadwal aktivitas rutin tiap pagi agar bangun pagi menjadi berjalan secara otomatis tanpa perlu pusing-pusing berpikir dan mempertimbangkan beragam pilihan keputusan yang menghabiskan energi. Berhenti berpikir dan mulai bergerak, alihkan energi dari otak ke otot untuk beraksi: bangun pagi!

Sekian dahulu tips motivasi yang melengkapi trilogi cara bangun pagi ini. Jika ada pertanyaan atau butuh informasi lebih lanjut, silahkan hubungi saya (lihat halaman kontak). Semoga berguna!

Baca juga:
Bagaimana Cara Bangun Pagi
Tips Cara Bangun Pagi 2
Meningkatkan Motivasi dengan Tidur
Tips Relaksasi untuk Optimalisasi Otak