Sukses Menggandakan Efek Afirmasi

by @rezawismail

Tidak ada yang memujiku cantik ketika aku kecil, seharusnya semua gadis kecil dipuji kecantikannya walaupun mereka tidak/belum cantik. -Marilyn Monroe

Afirmasi yang baik adalah afirmasi yang berdampak kepada alam bawah sadar kita. Pengaruh afirmasi yang terkuat adalah yang mampu membawa perubahan positif.

Transformasi dalam kehidupan dan pengembangan diri bisa berhasil dengan kekuatan afirmasi.

Saya sudah pernah menuliskan teknik afirmasi untuk meraih kesuksesan di blog 100motivasi.wordpress.com ini dengan judul: Afirmasi yang Berhasil silahkan klik disini jika ingin membacanya.

Dalam tulisan tersebut saya membahas efek afirmasi yang berhasil mempengaruhi alam bawah sadarnya dengan menurunkan gelombang otaknya. Saya juga menuliskan beberapa tips di postingan tersebut yang telah terbukti dan teruji.

Namun kini saya sedang menguji suatu teknik baru yang saya pelajari dari sebuah teori hipnosis yang revolusioner oleh seorang pakar hipnotis di Amerika Serikat, Forbes Robbins Blair.

Teori hipnotisnya yang revolusioner bisa menggandakan efek afirmasi yang kita ucapkan. Dan terbukti, tekniknya memang bisa menguatkan dampak afirmasi sehingga kita bisa mencapai tujuan atau impian kita.

Di dalam teori hipnotis, untuk berhasil mempengaruhi alam bawah sadar kita mesti menggunakan kondisi trance atau gelombang otak alpha dan theta.

Tapi sebenarnya kita bisa mempengaruhi bagian pikiran yang terdalam tersebut dengan mendayagunakan aktivitas tertentu yang disisipkan makna simbolis dan sebagai metafora untuk kalimat afirmasi kita.

Alam bawah sadar atau bagian pikiran terdalam kita berkomunikasi lewat gambar, simbol, dan metafora. Contohnya; ketika kita bermimpi kita bisa mengamati cara kerja alam bawah sadar kita.

Mimpi kita terdiri dari gambaran, bukan hanya kata-kata saja. Mimpi juga bisa berupa kegiatan-kegiatan yang bersifat simbolis. Misalnya seperti mimpi berlari dikejar hantu bisa berupa simbol kecemasan atau stres tertekan oleh suatu kondisi kehidupan/pekerjaan.

Mimpi terbang sebagai metafora keimanan ingin dekat dengan Tuhan. Mimpi mengerjakan ujian di sekolah berarti ada suatu keinginan atau kenangan yang terpendam. Mimpi buang air kecil berarti sedang berhasrat ingin ke toilet tapi masih tertidur. Dan sebagainya.

Maka dari itu, afirmasi bisa lebih sukses jika diiringi juga dengan visualisasi. Dan yang terutama, menggunakan simbol-simbol berupa aktivitas apapun menjadi sebuah rutinitas yang berarti.

Seperti juga di alam mimpi, di dunia nyata kita dapat memanfaatkan suatu kegiatan yang umum menjadi spesial dengan menjadikannya sebagai metafora dan kendaraan untuk berafirmasi.

Hasilnya, efek afirmasi bisa digandakan ketika kita mengkondisikan kegiatan sehari-hari seperti mandi/mencuci, berkendara, makan, dan lain-lain menjadi sebuah simbolisme sebagai sarana penguatan afirmasi kita.

Jadi, kita bisa memanfaatkan kegiatan sehari-hari sebagai simbol yang menguatkan afirmasi kita. Aktivitas sederhana seperti menaiki tangga bisa menjadi metode komunikasi yang sugestif kepada alam bawah sadar.

Efek afirmasi bisa menjadi berganda dengan menggunakan tindakan yang tepat sebagai metafora bagi afirmasi kita. Kesuksesan afirmasi akan meningkat seiring penggunaan aktivitas harian atau kegiatan rutin sebagai bahasa simbolis untuk berkomunikasi dan mempengaruhi pikiran bawah sadar.

Sebagai contoh; kita bisa berafirmasi untuk menegaskan peningkatan kompetensi dan kepercayaan diri seiring kegiatan menaiki tangga.

Atau kita bisa mengucapkan afirmasi yang menegaskan pencapaian tujuan saat kita berkendara menuju suatu tempat. Kata-kata afirmasinya bisa diatur waktu kita sedang menyetir, misalnya sebagai berikut: “Saya sedang mengarahkan karir saya agar lebih maju.” Dan seterusnya.

Contoh lainnya; kita bisa berafirmasi bahwa kita ingin membersihkan diri dari emosi negatif dan kekurangan pribadi agar menjadi lebih sukses secara bijaksana ketika kita ingin mandi atau mau mencuci/membersihkan sesuatu.

Waktu merapihkan meja kerja, kita bisa afirmasikan: saya sedang menata karir dan kompetensi diri demi keberhasilan saya. Atau saat sedang beranjak ke kasur dan mau tidur kita ucapkan: saya sedang dalam proses meraih mimpi dan cita-cita saya supaya lebih sejahtera.

Aktivitas sehari-hari yang sederhana dan membosankan bisa menjadi kunci keberhasilan afirmasi. Kegiatan yang berulang-ulang akan menjadi pintu masuk komunikasi karena pikiran bawah sadar sangat dipengaruhi oleh repetisi.

Keunggulan lainnya dari teknik ini adalah fleksibel karena bisa dimasukkan ke jadwal yang sibuk tanpa perlu menyisihkan waktu khusus untuk berafirmasi. Segala kegiatan apapun bisa dipakai untuk menguatkan efek afirmasinya.

Pengucapan afirmasinya memang digabungkan dengan satu aktivitas rutin yang lalu dijadikan sebagai simbol atau metafora untuk berkomunikasi dengan alam bawah sadar dan mempengaruhi pikiran.

Kita bisa menggunakan afirmasi untuk menguatkan kemampuan berkomunikasi sembari menggosok gigi. Rutinitas apapun bisa menjadi aktivitas pemrograman pikiran dengan efek afirmasi yang berlipat ganda.

Kita bisa memilih untuk meningkatkan kesehatan mental dan raga, memperbaiki kondisi keuangan dan karir, menguatkan hubungan dan spiritualitas, dan lain-lain.

Walaupun begitu, sebaiknya kita berfokus pada satu atau dua program afirmasi saja. Minimal dalam waktu seminggu akan terasa ada perubahan, dan beberapa bulan selanjutnya kita bisa memprogram afirmasi yang baru pada suatu kegiatan harian lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa baca buku Revolusi Hipnosis Diri (Self-Hypnosis Revolution) dan menciptakan program yang lebih lengkap dengan urutan-urutan langkah yang lebih mendetail. Saya tidak mempromosikan buku ini karena metodenya sudah ada selama berabad-abad.

Oleh karena sebenarnya, di dalam agama juga sudah diajarkan; dalam bentuk doa sebelum makan, doa ketika berpergian, doa mau berpakaian, dan seterusnya. Silahkan dicoba dan dimodifikasi sendiri, sesuai intuisi dan kreativitas yang cocok untuk diri kita masing-masing. Jika ada pertanyaan silahkan kontak saya di: brandneweja[a]gmail.com

Sebagai catatan, saya menyisipkan beberapa bahasa hipnotis di dalam tulisan-tulisan saya. Tujuannya agar para pembaca tulisan saya bisa tersugesti menjadi lebih positif dan bersemangat hanya dengan membaca tulisan di blog 100motivasi ini.

Terakhir, silahkan mengutip tulisan saya tapi mohon sertakan link sumber tulisan atau alamat blog ini (https://100motivasi.wordpress.com) dan jangan menjadi plagiat dengan mencontek/copypaste full seperti yang pernah dilakukan beberapa situs/website. Baca, pelajari, tiru tapi dengan modifikasi, belajar kreatif, berinovasi, dan menjadi sukses secara beretika.

Baca juga:
Tehnik Sales Semi Hipnotis
Evolusi, Emosi, dan Motivasi
Tips Relaksasi untuk Optimalisasi Otak
Motivasi dan Teori Tiga Otak