Mengantisipasi Perubahan

by @rezawismail

Perubahan adalah suatu kepastian, semuanya berubah tidak ada yang permanen di dunia ini. Kita mesti bersiap-siap dengan perubahan. Siapkan mental kalau apapun yang kita miliki akan berubah. Bahkan kalau perlu berubah dahulu sebelum ketinggalan.

Setiap hari buat perubahan walau hanya 1%, mulai dari yang termudah. Jika membuat perencanaan, jangan hanya menetapkan tujuan saja tetapi persiapkan dengan perubahan-perubahan rencana yang mungkin ada karena suatu halangan atau rintangan. Antisipasi hambatan dengan membuat fleksibilitas dari pergerakan yang dinamis.

Jangan melekat terhadap sesuatu, karena perubahan adalah kewajaran. Sejatinya semua akan berubah, jangan terlena dengan ilusi bahwa semuanya akan baik-baik saja. Awal dari bencana adalah kebutaan diri dari potensi perubahan. Siapkan diri dari perubahan bahkan kalau perlu berubah untuk beradaptasi dan unggul dari saingan.

Berpikirlah secara kreatif dan cari cara-cara yang inovatif diluar kebiasaan yang sudah ada. Persiapkan untuk skenario terburuk dan beberapa kemungkinan lainnya. Bersiaplah untuk berubah dengan melihat sejarah baik dari diri sendiri maupun orang atau entitas lainnya serta mencoba memprediksi masa depan dengan beragam variabel sampai yang tak terduga sekalipun.

Namun jangan lupa, tetap optimis dan melakukan perubahan dengan perbaikan secara terus-menerus. Perubahan yang positif adalah yang konstan walaupun sedikit demi sedikit. Berevolusi dan berusaha maksimal dengan tetap menyadari kemungkinan akan perubahan dari eksternal.

Kemudian, kalau kita sudah bisa waspada terhadap perubahan-perubahan dari lingkungan, kita coba perhatikan perubahan secara internal. Observasi secara mendalam dan amati perubahan-perubahan yang selama ini kurang disadari. Dengan begitu akan timbul pemahaman dan optimalisasi diri akan mudah tercapai.