Keahlian Terpenting Seorang Sales

by @rezawismail

Seorang Sales yang sukses bukanlah orang yang pandai berbicara, tapi lebih kepada pandai mendengarkan.. dan sedikit keberuntungan tentunya. -Reza Wahyu

Ray adalah seorang tenaga penjual yang tergolong sukses di perusahaannya. Atasannya selalu memujinya karena dia pandai membujuk prospek hingga mau membeli produk yang ditawarkannya. Semua orang mengganggap Ray berbakat dalam berbicara sehingga setiap kata-katanya seperti hipnotis bagi para pelanggannya.

Rahasia sukses Ray yang sebenarnya justru bukanlah di saat ia membuka mulut, melainkan ketika dia membuka telinganya lebar-lebar. Kesuksesannya berasal dari keterampilannya dalam mendengarkan keinginan, kebutuhan, bahkan banyak yang berawal dari keluhan sampai terjadi penjualan. Bagaimana bisa begitu?

Dengan menjadi pendengar yang baik, seorang wiraniaga akan mampu:

1. Fokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga bisa menawarkan solusi produk atau layanan yang tepat bukan sekedar menjadi brosur berjalan yang menghujani calon pembeli dengan banyak data-data yang tidak relevan sehingga tidak akan diperhatikan oleh sang prospek.

2. Mengetahui secara pasti dasar keputusan pembelian secara psikologis dan akan mampu menyesuaikan proposal atau presentasi agar lebih persuasif. Lalu kedekatan emosional yang terjadi akibat menjadi pendengar yang baik bagi pembeli akan menciptakan pembelian berulang dan memberikan referal prospek baru.

3. Menciptakan suasana wawancara dan penutupan penjualan yang tidak kaku karena prospek akan merasa senang didengarkan dan diperhatikan tanpa perlu merasa diinterogasi atau dipaksa membeli.

4. Mengevaluasi kelebihan apa yang ada pada produk yang dijual sehingga menarik minat pembeli dan kekurangan apa yang bisa diperbaiki agar penjualan semakin meningkat.

5. Membuka banyak peluang baru diluar keberhasilan penjualan. Misalnya seperti: belajar hal-hal baru, mendapatkan informasi yang berguna, mendapatkan kesempatan lain, hingga memperoleh jodoh, hehehe!

Baca Juga:
RePositioning Adalah Keniscayaan
Tips Motivasi agar Semangat dalam Bekerja
Langkah Sales Menjadi Sukses
Rahasia Sukses Bisnis Waralaba McDonald’s