Marshmellow

by @rezawismail

1. Pada tahun 60-an para peneliti dari Universitas Stanford bikin test marsmelo

2. Anak-anak diberikan marsmelo, permen, kue atau coklat dan disuruh menunggu di suatu ruangan..

3. Jika mau menunggu 15 menit aja setelah ditinggal pergi, ngga makan marsmelo nya akan diberikan dobel.

4. Anak anak itu menunggu dengan gelisah, ada yang goyang goyang, tapi ada juga yang ga sabaran dan langsung makan..

5. Beberapa puluh tahun kemudian, anak anak ini sudah dewasa, hasilnya kelihatan setelah 40 tahun tes itu, yang sabar menunggu jadi orang sukses, berhasil dalam hubungan dan tidak kelebihan berat badan.

6. Awalnya, dikira ini adalah tentang kunci sukses adalah menunda kesenangan sesaat dan mampu menahan diri dari godaan, tapi bukan itu saja walau penting juga kemampuan pengendalian diri dan kesabaran menanti.

7. Ada tes lanjutan, dalam tes kedua dan ketiga, dibikin variasi sebelum anak-anak diberikan tes marsmelo mereka dibagi dua grup dulu.

8. Kelompok yang pertama di berikan krayon atau stiker dan disuruh menunggu lagi, jika sabar akan diberikan krayon lebih banyak dan stiker lebih besar tapi lalu dibohongi, setelah nunggu tidak diberikan, sedangkan yang kelompok kedua tetap diberikan jika sabar nunggu.

9. Setelah dilakukan tes krayon dan stiker ini, barulah tes marsmelo dan hasilnya ada perbedaan dari tes marsmelo yang biasa..

10. Anak-anak yang pernah dibohongi, tidak percaya lagi dan kebanyakan gagal di tes marsmelo, mereka sudah tak yakin lagi jika sabar nunggu akan pasti dapat rewardnya.

11. Jadi hikmah dari riset ini adalah: untuk sukses butuh kesabaran dengan melawan godaan kenikmatan instan, tapi untuk punya kekuatan pengendalian diri serta sabar butuh keyakinan akan berhasil dari usahanya itu.

12. Berita bagusnya, untuk bisa sabar dan kuat melawan godaan itu bukan genetika kemampuan dari lahir, tapi tergantung lingkungan dan orang lain (peneliti yang berikan ketidakpastian atau yang amanah) jadi bisa dilatih dan dipengaruhi.

13. Kesimpulannya, bahwa untuk berhasil, butuh kekuatan untuk melawan nafsu rakus dan rasa malas serta godaan, maka harus sabar menunggu hasilnya sedikit demi sedikit berusaha terus.

14. Tapi, supaya bisa sukses menjalankan suatu rangkaian upaya harus yakin dulu, bahwa usahanya itu memang bisa berhasil untuk mencapai kesuksesannya.

15. Seperti anak-anak yang diberikan kepastian akan mendapatkan hasil, mereka yang yakin bahwa kesabaran dan pengendalian diri akan membawa kesuksesan, maka dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, akan kuat jalani.

16. Maka, untuk memupuk kepercayaan yang kuat, agar yakin dengan usahanya, coba aja pelan-pelan tapi pasti, sedikit demi sedikit yang penting berhasil, dari sukses yang simpel akan memupuk terus keyakinan yang kuat akan kepastian dari hasil usahanya.

17. Contohnya kayak praktek yang gampang banget dengan target yang sangat rendah jadi saking mudahnya ngga bisa bilang ngga bisa, PASTI berhasil.

18. Untuk jadi YAKIN sama diri sendiri akan bisa mengendalikan nafsu dan SABAR, tapi dimulai dari yang termudah dahulu.

19. Pelan-pelan tapi pasti, sabar jadinya menambah KEPERCAYAAN dan TAHAN MELAWAN GODAAN.

20. Jadi; jangan ragu lagi, lawanlah rasa malas itu dan percaya diri dengan upaya yang dilakukan pasti membuahkan hasil.