25 Ide Motivasi

by @rezawismail

Seringkali kita mencari nasehat dari para ahli. Padahal tidak sedikit kebijaksanaan yang kita bisa peroleh dari dalam diri sendiri. Potensi otak kita lebih besar daripada yang kita sadari.

25 ide motivasi bisa kita dapatkan dengan selembar kertas dan pulpen. Bersama kreativitas serta sedikit usaha. Dari diri sendiri.

Ide yang terlahir dari pemikiran sendiri akan lebih pas untuk diterapkan kepada diri sendiri juga. Oleh karena, seringkali nasehat dari buku atau orang lain kurang sesuai dengan keadaan dan kondisi yang ada pada diri sendiri.

Berfokuslah untuk menemukan ide-ide yang berpeluang meningkatkan motivasi. Bisa juga kita aplikasikan kepada hal-hal lain. Pada banyak hal-hal lainnya.

Contohnya, mencari 25 cara untuk meningkatkan kesehatan. Memperbaiki hubungan sosial. Menaikkan level penghasilan. Dan sebagainya. Namun sebaiknya, berkonsentrasilah dahulu untuk mencari 25 cara meningkatkan suatu hal atau satu bidang tertentu saja.

Memikirkan 10 ide pertama biasanya tidak terlalu sulit. Untuk 10 ide selanjutnya, akan dibutuhkan usaha lebih. Lalu, 5 ide terakhir bisa jadi memberikan tantangan yang lumayan sulit untuk dipikirkan.

Meski banyak ide yang tidak praktis atau bahkan tidak berguna sama sekali, beberapa ide akan menjadi penemuan terpenting.

Sangat dimungkinkan, ide keduapuluhlima dan beberapa ide terakhir yang terpikirkan adalah ide-ide yang sangat bagus. Jangan menyerah dan berhenti sebelum menemukan minimal 25 ide.

Ide yang bagus adalah ide yang sederhana, praktis, tetapi memiliki dampak yang paling besar. Salah satu metode sederhana untuk menghasilkan ide-ide bagus adalah dengan melakukan apa yang disebut dengan brainstorming.

Brainstorming dilakukan dengan cara menuliskan ide sebanyak-banyaknya. Tidak perlu memikirkan kepraktisan atau batasan apapun. Biarkan kreativitas mengalir bebas dahulu.

Doronglah pikiran untuk kreatif, asosiasikan dengan beragam hal yang tidak terlalu berkaitan. Dengan warna-warna misalnya, kata-kata sifat, judul beragam film serta novel, dll.

Tuliskan dengan segera dan jangan saring pikiran, apapun yang muncul. Amati dan catat saja. Meski mustahil dan yang aneh sekalipun. Jika ada kesulitan, pikirkan hal-hal yang sederhana saja.

Misalkan untuk brainstorming mencari ide-ide untuk melonjakkan penjualan. Jika sesi penulisan ide mandek, coba pikirkan ide yang sangat sederhana.

Dalam contoh kasus ini, jadikan kenaikan penjualannya hanya 5 % saja. Tuliskan apa ide sederhana dan kecil yang dapat meningkatkan penjualan sebesar 5 % saja?

Tuliskan ide-ide yang sederhana ini bersama ide-ide lainnya. Dari sesi brainstorming ini, kita bisa menyaring banyak ide lalu menetapkan 25 cara baru yang inovatif.

Perusahaan-perusahaan bisa menerapkan cara brainstorming seperti ini. Bisa jadi, inilah salah satu cara perusahaan menghargai karyawannya. Agar karyawannya merasa dibutuhkan dan termotivasi dalam bekerja.

Bahkan banyak perusahaan yang sudah memberikan bonus kepada karyawannya jika ide sang karyawan terbukti bisa diterapkan dan menghasilkan sesuatu. Tapi yang efektif adalah bonusnya jangan terlalu besar, agar para karyawan termotivasi secara internal sehingga lebih rajin dalam memberikan ide tanpa terlalu memusingkan besaran bonusnya.

Maka, doronglah sesi brainstorming ide ini dan sisihkanlah waktu beberapa saat saja. 25 cara untuk meningkatkan produktivitas, adalah salah satu contoh yang bagus untuk dimulai di sebuah perusahaan.

Dan tidak ada salahnya, sebagai pribadi kita coba praktekkan metode ini. Coba pikirkan suatu hal apa yang ingin ditingkatkan. Lalu tuliskan 25 ide dari sesi brainstorming. Tunggu apa lagi?