RePositioning Adalah Keniscayaan

by @rezawismail

Di era teknologi informasi ini, RePositioning adalah keniscayaan. Hal yang pasti. Yang harus dilakukan.

Dalam menyusun strategi marketing, setelah menetapkan target pemasaran dan segmen yang dibidik, sebuah produk harus menyiapkan positioning yang kuat. Positioning adalah citra produk yang ingin ditanamkan di benak pelanggan. Positioning adalah janji yang harus mampu dipenuhi produk.

Dan ketika informasi menjadi sangat mudah menyebar di jaman sekarang, positioning sebagai sebuah janji menjadi sangat penting. Strategi marketing ini menjadi penentu hubungan dengan customers atau pelanggan.

Pelanggan yang dikecewakan karena sebuah produk tidak memenuhi janji sesuai positioning-nya akan membahayakan.

Pelanggan tersebut tidak hanya berhenti menjadi pelanggan. Dia akan memusuhi produk yang mengecewakan tersebut. Dia akan mengabarkan keburukan produk dengan cepat dan bisa berdampak luas. Menjadi advocate yang menjatuhkan produk.

Kini, kita melihat bagaimana social media seperti twitter menjadi media penyebaran informasi yang sangat masif. Sebuah revolusi bisa terjadi dan didukung oleh teknologi informasi seperti internet. News travel fast.

Maka, RePositioning menjadi keniscayaan di era teknologi informasi seperti sekarang. Khususnya di kala facebook, twitter dan beragam social media lainnya yang sedang ramai-ramainya.

Repositioning ibarat pengukuhan ulang janji yang diberikan produk. Citra produk yang ingin ditanamkan harus disesuaikan. Agar bisa mengoptimalkan fungsi dari social media. Inilah strategi marketing yang menjadi sebuah keharusan di jaman sekarang. Keniscayaan di era web 2.0

Produk yang baik adalah produk yang bisa menyiapkan positioningnya sebagai fenomena. Produk yang bisa memancing sensasi. Mengundang pembicaraan. Direfensiasi produk yang berkriteria purple cow. Sapi ungu.

Repositioning yang harus dilakukan sebuah produk adalah pencitraan produk yang selain dapat memenuhi janji positioning-nya juga mampu menjadi buah bibir. Bahan perbincangan yang bisa di-share, like, tweet, retweet, digg, press, reblog, dll.