Tips Motivasi: Coba Lagi

by @rezawismail

Jangan Menyerah, kedua kata-kata ini seringkali kita dengar sebagai penyemangat.

Tips motivasi yang sederhana namun sulit diterapkan. Jangan menyerah terkadang malah membuat kita ingin menyerah saja. Itu karena seringkali alam bawah sadar menangkapnya secara afirmatif. Proses berpikir secara kognitif berbeda dengan implan memori yang sugestif. Biasanya, sugesti dalam suatu kalimat afirmasi diterima oleh alam bawah sadar secara sederhana dengan menghilangkan indikasi negasi seperti kata tidak, bukan, dan sebagainya.

Sama seperti ketika seseorang disuruh untuk tidak membayangkan awan putih, namun di otaknya malah tergambar awan putih. Itu sebabnya visualisasi dalam otak tidak bisa menggambarkan ide yang negatif seperti ketiadaan awan melainkan bayangan awan itu sendiri yang diimajinasikan.

Begitu juga orang yang berusaha berhenti merokok, jika dia ingin berhenti merokok sebaiknya mengucapkan afirmasi: ingin hidup lebih sehat, bukan berafirmasi dengan kata-kata: tidak merokok lagi. Maka dari itu, cara afirmasi atau sugesti diri yang baik adalah dengan menggunakan kalimat yang positif. Jadi, jangan bilang jangan menyerah. Tapi: Ayo coba lagi!

Selanjutnya, berapa banyak orang yang langsung sukses pada kesempatan pertama? Sangat jarang bukan? Keberhasilan biasa diraih dengan beberapa kali berusaha pantang menyerah. Beberapa rintangan dan kegagalan dapat dievaluasi serta diperbaiki dalam upaya yang kedua, ketiga, dan seterusnya sampai berhasil.

Misalnya seorang sales representative yang ingin mencoba menjual produknya kepada prospek. Seorang pengusaha start-up yang ingin mencoba mendapatkan modal dengan melakukan presentasi ide bisnisnya kepada beberapa calon investor. Atau seorang karyawan yang ingin melaksanakan instruksi atasannya dengan mengeksekusi tugas-tugas yang menantang dalam lingkungan kerjanya.

Kita semua bisa saja kurang motivasi dengan adanya kemungkinan penolakan dan kegagalan. Tapi kita harus terus berusaha dan just do it! Coba saja, coba lakukan kembali dengan perbaikan, dan coba terus sampai menghasilkan kinerja yang memuaskan adalah tips motivasi yang lebih unggul supaya kita jangan mudah menyerah. Jadi, kalau kita ingin memotivasi diri supaya tidak mudah menyerah; ucapkanlah “Coba Lagi!”

Memang ada orang bijak yang berkata bahwa tidak ada yang namanya coba-coba, yang ada hanyalah lakukan atau tidak sama sekali. Tapi sebenarnya, dengan mengatakan coba lagi, berarti kita bisa mengatasi masalah mau atau tidak mau dan bisa atau tidak bisa. Motivasi yang kurang disebabkan oleh karena keenganan bertindak atau juga keragu-raguan.

Ada orang yang tidak mau melakukan sesuatu tetapi sesuatu itu harus atau sebaiknya dilakukannya. Ada juga yang ingin melakukan sesuatu tapi tidak bisa, mungkin karena kurang pengetahuan atau pengalaman. Dengan tips motivasi untuk mulai saja mencoba melakukannya, seseorang bisa termotivasi untuk tetap bertindak apapun hambatannya.

Entah karena tidak mau atau enggan sehingga menunda-nunda atau merasa ragu-ragu karena kurang pemahaman, istilah untuk mencoba bisa menjadi tepat dalam memicu sebuah tindakan. Dan jika gagal karena suatu dan lain hal? Coba lagi!

Iklan