Alternatif Resolusi Tahun Baru

by @rezawismail

Selamat datang di blog sederhana saya dan ini adalah tulisan saya yang pertama di tahun 2015 ini.

Pada tahun ini saya akan membuat resolusi untuk lebih sering menulis di blog tips motivasi ini. Namun, saya tidak yakin resolusi ini akan tercapai. Sama seperti resolusi tahun 2014 yang sudah terlupakan. Oleh karena, sebenarnya resolusi saja tidak cukup, kita harus membuat tema untuk sepanjang tahun yang mendukung resolusinya.

Dan tema tidak sekedar resolusi. Tema bisa lebih fleksibel dan tidak terbatas. Resolusi bisa saja terbatas pada beberapa target tertentu saja. Sebagai contoh: resolusi saya tahun 2014 adalah menurunkan berat badan dan resolusi ini akan terbatas pada ukuran beberapa kilogram saja. Maka, kemungkinan saya akan kurang fokus karena sepanjang tahun akan banyak pengalihan perhatian khususnya dari pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.

Sedangkan dengan tema, kita bisa mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari sepanjang tahun. Misalnya jika kita mengambil tema bergaya hidup sehat dengan olahraga dan diet yang seimbang. Otomatis, harapan kita yang awalnya adalah resolusi untuk menurunkan berat badan menjadi lebih mungkin terjadi karena kita menjadikannya sebuah tema yang ditanamkan sebagai kebiasaan diri setiap hari. Saya akhirnya bisa berhasil menurunkan berat badan di penghujung tahun dengan mengadopsi tema hidup sehat demi penurunan kolesterol saya yang telah meninggi. Turun 10 kg dalam dua bulan.

Silahkan baca keberhasilan penurunan berat badan saya disini.

Intinya tema lebih baik dari sekedar resolusi belaka, karena tema setahun ke depan akan disatukan dengan kebiasaan dan kepribadian, tidak sekedar tujuan saja. Tema ini harus kita tanamkan ke alam bawah sadar dengan membuat reminder atau menulis catatan setiap hari. Kita juga bisa mencari teman atau komunitas dengan pemikiran yang sejalan dengan tema yang kita telah tetapkan.

Maka, dengan tulisan perdana di tahun 2015 ini saya tetapkan tema yaitu: berbagi ilmu lewat tulisan demi kemanusiaan…