Cara Berlari Mengejar Mimpi

by @rezawismail

‘Perjalanan seribu mil dimulai dari satu langkah’ -Lao Tzu

Kita semua harus punya mimpi supaya hidup jadi berarti. Memiliki tujuan akan membuat perjalanan tak terasa sia-sia. Tantangan kehidupan, walau beresiko menjatuhkan, akan membawa kekuatan demi mencapai kesuksesan.

Konsistensi adalah kunci seorang pengejar mimpi untuk berhasil mencapai tujuannya. Maka dari itu, kita harus memiliki resolusi: bahwa untuk meraih mimpi, bukan sekadar hasil tapi proses ‎ juga harus dijalankan. Bukan hanya berjalan, tapi berlari!


Berlari mengejar mimpi berarti kita harus memiliki ketahanan diri. Percuma berlari kalau hanya kuat untuk sesaat. Pengejaran mimpi dilakukan dengan kekuatan, kekuatan dari kebiasaan. Jadi, buatlah rutinitas dan kerjakan secara konsisten.

Pertama-tama, mulailah dengan langkah-langkah mudah. Tingkatkan dan perbaiki kemudian. Jangan langsung memforsir tenaga. Buang segala alasan, dan tetapkan dengan keputusan yang tegas. Setelah mulai, beri waktu supaya bertumbuh menjadi kebiasaan yang menetap.

Disiplin yang tidak mudah luntur adalah disiplin yang tahu batas kekuatan diri. Jangan memaksakan tapi terus berlatih menguatkan pikiran. Jangan lupa beristirahat dan mengisi tenaga. Terus belajar serta makan makanan bergizi.

Tulis perencanaan secara sederhana dan jelas setiap langkahnya. Ikuti suatu komunitas atau minimal memiliki seseorang yang mendukung pengejaran mimpi ini. Jika kita mulai berpikir untuk menyerah atau merasa kebuntuan, minimal kita bisa berbagi dan meringankan beban pikiran.

Setelah beberapa waktu kita sudah bisa berlari mengejar mimpi, saatnya kembali melangkah keluar dari zona nyaman dan tambah tantangan. ‎Uji diri tapi hindari rasa frustasi. Imbangi tantangan dan kemampuan, jangan sampai timpang. Kalau tantangan kurang, kita akan merasa bosan atau jenuh. Sementara kalau kemampuan kurang, tantangan terasa sangat menekan. Keseimbangan adalah penopang konsistensi.

Kesimpulannya, untuk berlari mengejar mimpi kita perlu memulai dengan langkah yang mudah. Beri waktu untuk membangun kebiasaan yang kuat. Ciptakan rutinitas dengan target-target yang berasal dari pemecahan tujuan. Cari teman atau kelompok yang memiliki pikiran serupa. Terus gali ilmu pengetahuan serta tidak lupa hidup sehat dengan makanan yang sehat. Cukup beristirahat dan kalau perlu minum vitamin atau suplemen. Buat perencanaan secara detail tapi tidak terlalu rumit dan tetapkan langkah-langkahnya dengan tantangan yang meningkat seiring peningkatan kemampuan. Dan kalau jatuh, bangkitlah selama masih ada kekuatan dan kembali berlari.

Karena mimpi adalah kunci kebahagiaan hati.