7 Tips Motivasi Bangun Pagi Paling Efektif

by @rezawismail

Bangun pagi adalah pondasi produktivitas, walaupun ada tipe orang yang lebih produktif di malam hari, saya lebih meyakini kalau produktivitas di pagi hari akan lebih efisien. Sebelumnya saya sudah sering menulis tips-tips untuk bangun pagi di blog ini. Tapi saya akan merangkum tujuh tips yang paling efektif berdasarkan pengalaman saya dan orang-orang yang pernah mencobanya. 

Berikut adalah ketujuh tips supaya mudah bangun pagi;

  1. Tidur lebih awal. Usahakan waktu tidur sekitar 6-8 jam jangan sampai kurang tidur, jika ingin bangun pagi lebih mudah. Jika Anda kurang tidur, akan sangat sulit bangun pagi karena masih terasa sangat mengantuk. Jangan beraktivitas berat beberapa jam sebelum tidur dan jangan makan makanan berat sekitar sejam atau dua jam sebelum ke kasur. Kopi atau teh sebaiknya juga dikurangi atau paling lambat jam dua sore dikonsumsi setelah itu minum air putih saja sampai malam (lihat tips selanjutnya).
  2. Siapkan tiga alarm atau lebih dan taruh agak jauh dari kasur serta coba minum air segelas sampai dua gelas persis sebelum tidur. Jangan sering-sering pakai trik minum air ini, kasihan ginjal mesti bekerja malam-malam. Tapi lumayan minimal Anda semangat mematikan alarm karena kebelet pipis dan harus bangun ke kamar mandi. 
  3. Minta tolong orang lain untuk membangunkan Anda, kalau perlu berkomitmen untuk membayar mahal jika terlambat bangun.

    Misalnya bertaruh kalau tidak bangun jam 5 pagi, Anda bersedia membayar sebesar 500 ribu rupiah. Umumkan di media sosial jika perlu kalau Anda akan bangun pagi esok hari.
  4. Tetapkan tujuan kenapa Anda harus bangun pagi. Saya biasa niat bangun pagi karena akan ada yang dikerjakan atau berniat untuk ke tempat fitness pagi-pagi pas jam 6 pagi sudah siap nge-gym. Jika Anda mengetahui alasan mengapa Anda harus bangun pagi dan meyakininya, maka Anda pasti berniat kuat serta memiliki tekad yang akan memampukan Anda untuk bangun pagi.
  5. Persiapkan segalanya di malam hari, misalnya pakaian atau perlengkapan yang akan digunakan esok pagi. Bayangkan langkah-langkah yang akan dilakukan ketika bangun pagi esok hari, kalau perlu praktikkan semacam skenario bangun pagi untuk besok di malam harinya. Pikirkan beragam ketidaknyamanan ketika Anda malas bangun pagi, misalnya kemacetan yang parah, tempat parkir yang susah, atau atasan yang gusar jika Anda sampai terlambat bangun.
  6. Di pagi hari ketika baru terjaga dan masih tersadar, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan cepat berkali-kali. Nyalakan TV (siapkan remote dekat-dekat tempat tidur) atau mulai menggunakan gadget untuk membaca berita atau melihat media sosial. Buka gorden dan biarkan cahaya matahari masuk jika niat bangun pagi jam 6, kalau matahari belum ada bisa coba nyalakan lampu yang terang di kamar tidur Anda dan setel musik atau suara-suara yang agak keras.
  7. Tips yang terakhir adalah, rasakan kehadiran jiwa Anda. Anda bukanlah tubuh Anda atau otak yang menginginkan tidur lagi karena masih lemas dan keenakan di kasur. Anda adalah pengendali badan dan emosi Anda sendiri, bukan sebaliknya. Jiwa Anda sesungguhnya lebih kuat dari tubuh Anda sendiri, maka lawanlah kemalasan yang merupakan kombinasi efek biologis serta psikologis dan mulailah menggunakan kekuatan spiritual.

Semoga ketujuh tips di atas membantu Anda untuk bangun pagi. Bahkan sebelum burung-burung bernyanyi dan ayam berkokok, Anda sudah bersemangat menjalani hari. Semoga kita semua berbahagia. Salam sukses penuh cinta!