Memotivasi Diri Ketika Malas

by @rezawismail

Terkadang kita merasa malas sesekali, walaupun ada pekerjaan atau tugas-tugas yang harus diselesaikan. Walaupun sudah cukup istirahat, tidur, makan dan minum, mengkonsumsi kafein; tetap saja mood yang kurang mendukung produktivitas bisa muncul.

Untuk tetap memacu motivasi diri, kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Kembali mengingat tujuan dan gambaran besarnya. Dengan melihat dari sudut pandang yang lebih luas, kita bisa menekankan kembali ke dalam pikiran betapa pentingnya hal yang harus dikerjakan. Hal-hal yang merupakan bagian besar dari suatu pekerjaan dengan tujuan yang ingin dicapai. Dan jika dirasa tugas yang harus dikerjakan tidak terlalu penting, kita bisa mendelegasikannya atau bahkan meringkasnya, kalau perlu dihilangkan.

Selanjutnya, mari kita menimbang kembali mengapa suatu tugas terasa berat untuk dikerjakan. Apakah membosankan, membuat frustasi, sulit, terlalu tinggi, tidak terstruktur, atau kurang insentif. Kita bisa coba untuk membuat tugas itu menyenangkan, jelas terstruktur, atau dipecah pecah agar lebih mudah. Misalnya cobalah untuk mengerjakan tugas hanya dalam waktu setengah jam saja, nanti kalau mood sudah kembali barulah dilanjutkan. Kalau perlu tetapkan batas waktu supaya kita tidak berlama-lama dalam memaksakan diri dan merusak minat bekerja.

Kita juga perlu perhatikan pikiran-pikiran yang menghambat dan negatif. Sadari dan berusaha ubah pemikiran yang tidak mendukung penyelesaian pekerjaan menjadi kata-kata penyemangat. Jadilah pembicara yang baik bagi diri sendiri.

Jangan takut untuk salah atau gagal. Kalau perlu lakukan saja pekerjaan dengan seburuk-buruknya asal tetap dikerjakan. Lebih baik ada inisiatif dalam melakukan tugas walaupun hasilnya kurang tapi bisa diperbaiki seiring jalan daripada tidak mengerjakan apapun dan berhenti tidak ada kemajuan sama sekali. Biasanya malah ide yang brilian diawali dengan beberapa ide yang buruk, begitu juga dengan kinerja.

Coba sesekali ubah pemandangan atau berjalan kaki di taman atau pedestrian terdekat. Bereksperimenlah dengan bekerja di sebuah Cafe atau di alam bebas sekalian.

Kemudian, hindari hal-hal yang bisa menjadi pengalih perhatian seperti Internet, permainan komputer atau telpon pintar, televisi, dan sebagainya. Bagi waktu untuk hiburan dan untuk pekerjaan. Tapi bisa juga bekerja dengan hiburan sebagai motivasi sesekali, atau gunakan makanan ringan untuk meringankan pekerjaan yang berat. Cari insentif kecil tapi berarti untuk mendorong semangat dalam bekerja.

Dan terakhir, terkadang kita memang benar-benar perlu waktu istirahat. Ambil waktu untuk mengisi energi dengan liburan atau sekedar tidur singkat. Bisa juga dengan bersosialisasi, berkumpul bersama sahabat, dan menghindari membicarakan pekerjaan ketika ngobrol-ngobrol dengan teman. Sesi meditasi sendiri 10 menit pun bisa cukup untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan mood dalam bekerja supaya tidak bermalas-malasan. Selamat mencoba!