Supaya Gigih

by @rezawismail

Di dalam berusaha, kita ingin selalu bisa konsisten dan tidak mudah menyerah. Kenyataannya, banyak upaya yang dilakukan menemukan kegagalan, sebelum akhirnya sukses. Dan supaya terus bersemangat pantang menyerah, berikut beberapa tipsnya (bagian pertama).

1. Selain memiliki mimpi untuk meraih tujuan, miliki juga rencana-rencana jika mendapati tantangan. Pikirkan beberapa skenario buruk dan terburuk, lalu pertimbangkan respon-respon untuk mengantisipasinya secara tepat. Banyak orang terlalu berharap dengan hasil yang terbaik sampai mengabaikan hal-hal buruk yang bisa saja terjadi. Persiapkan dan ukur potensi ancaman-ancaman dari upaya kita dalam mencapai sasaran.

2. Sadari keterbatasan diri dan minta bantuan pada orang lain. Jangan terlalu mudah untuk menyalahkan diri, sayangi diri dan jangan terlalu keras. Terkadang disiplin memang perlu, namun kita lebih sering menjatuhkan perasaan dengan pikiran-pikiran yang negatif. Maka dari itu, kita perlu bersabar dan belajar menerima serta mengasihi diri sendiri. Kalau perlu minta bantuan dari orang-orang yang peduli untuk mengukuhkan semangat dalam berusaha.

3. Sadari momen demi momen, jangan larut dalam pemikiran masa lalu dan masa depan. Seringkali kita berdiam hanya untuk berpikir lama tentang kejadian di masa lalu, atau perbuatan yang disesali atau malah yang tidak dilakukan. Bisa juga kita terlalu takut melangkah karena memikirkan kemungkinan yang mengkhawatirkan di masa depan. Penyesalan dan ketakutan, membuat kita terpaku dan tidak bergerak maju. Sadari masa sekarang dan perlahan lakukan sesuatu, selangkah demi langkah. Upayakan apa yang bisa diusahakan, yang dengan mudahnya bisa dikerjakan tapi mendukung kemajuan sekecil apapun.

Nah, sekian dulu tips mempertahankan semangat dan kegigihan. Di bagian kedua akan dibahas lagi teknik-teknik praktisnya. Salam motivasi!